Korsleting, Ruang Isolasi RSUD Tidar Terbakar

Petugas sedang memperbaiki atap dan instalasi listrik di ruang pemulihan RSUD Tidar Kota Magelang yang terbakar, kemarin (15/3/2020). (Puput Puspitasari/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Korsleting lampu di ruang pemulihan RSUD Tidar Kota Magelang menyebabkan satu bed atau tempat tidur pasien terbakar, Minggu (15/3/2020). Kejadian itu menyebabkan kepulan asap memenuhi ruangan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kasubbag Rumah Tangga RSUD Tidar Kota Magelang Yoga Hasani menyebutkan, sumber konsleting listrik pada trafo lampu TL atau neon. Selanjutnya dilakukan perbaikan atap dan instalasi listrik, termasuk mengganti lampu TL dengan LED. “Kira-kira sehari sudah selesai,” ungkapnya, kemarin.

Ia bercerita, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 07.15 WIB. Ruangan ini dalam keadaan kosong. Pihaknya langsung melakukan pemadaman menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), kemudian mengeluarkan sumber asap, yakni bed pasien. “Jendela kita pecah agar asap bisa keluar. Setelah itu datang dua mobil pemadam kebakaran,” jelasnya.

Plt Direktur RSUD Tidar Kota Magelang Septi Milna Soelistiyani membenarkan jika ruangan tersebut dalam keadaan kosong. Sementara ruangan terdekat merupakan ruang Instalasi Gawat Darurat (IDG) tidak dipenuhi pasien.

Milna menjelaskan, ruang ini dimanfaatkan untuk endoskopi. Selain itu, digunakan untuk pengalihan pasien IGD yang membutuhkan observasi penuh. Termasuk untuk foto thorax bagi pasien yang mengalami gejala mirip korona (covid-19). “Sebetulnya ruangan ini kita siapkan untuk ruang isolasi IGD di saat ada pasien dengan riwayat perjalanan traveler, kita masukkan ke sini untuk dilakukan foto thorax,” imbuhnya.

Namun demikian, ruang penanganan ini dialihkan kembali ke ruang isolasi di ruang IGD sambil menunggu perbaikan selesai. Ia memastikan, penanganan terhadap pasien Korona tidak akan terganggu. Pasalnya, ruang isolasi Korona telah dipersiapkan di salah satu ruang di Gladiol.

RSUD Tidar Kota Magelang menjadi rumah sakit rujukan pasien Korona. Hingga Minggu (15/3/2020), ada tiga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terdiri dari dua dewasa dan satu balita mengalami gejala mirip korona. Salah satu pasien di RSUD Tidar sudah dinyatakan positif terjangkit korona.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Damkar dan Linmas Kota Magelang Singgih Indri Pranggana menambahkan, pihaknya menerima laporan dari RSUD Tidar pada pukul 07.30 WIB. Lima menit kemudian tim tiba di lokasi kejadian. Pemadaman berlangsung cepat hingga pukul 07.45 WIB dipastikan api tidak muncul lagi. (put/ton/bas)

Tinggalkan Balasan