alexametrics

Risiko Harus Dihadapi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Inspektorat Kota Magelang memandang pentingnya pengetahuan tentang internalisasi manajemen risiko bagi para pemimpin organisasi, kepala sekolah, pengawas, serta auditor di lingkungan Pemkot Magelang. Karena itu, mereka diberi materi ini guna meningkatkan kualitas kinerja agar visi misi Kota Magelang tercapai di sisa-sisa waktu kepemimpinan Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito.

Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina mengakui bahwa penyelenggaraan pemerintahan kepala daerah dibantu para kepala OPD sebagai penanggungjawab pelaksanaan tugas dan fungsi. Di situ lah butuh tentang kendali yang dalam setiap tahapannya memiliki risiko-risiko, baik yang dapat dikendalikan maupun tidak dapat dikendalikan. “Muara kegiatan ini kita ingin memastikan pembangunan di Kota Magelang dalam berjalan secara ekonomis, efektif dan efisien,” kata dia membacakan sambutan tertulis Wali Kota Sigit di Aula Adipura Kencana, kemarin.

Baca juga:  Dukung Kota Jasa Ramah Investor, Jamin Perizinan Tak Berbelit

Widyaiswara Ahli Utama dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah Kunto Nugroho menjelaskan bahwa risiko merupakan bagian dari masalah yang akan dihadapi. Namun ada risiko yang bisa diantisipasi, ada pula yang tiba-tiba terjadi. Agar tak menjadi masalah, risiko harus bisa diidentifikasi oleh pegawai. “Kita harus bisa mengidentifikasi, merevitalisasi, mengantisipasi risiko,” imbuhnya.

Kunto juga mengapresiasi Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) dan satgas di Kota Magelang sudah terbentuk. Dengan demikian, tinggal menentukan tindakan yang baik.

Inspektur Kota Magelang, Sumartono menjelaskan, SPIP merupakan pilar akuntabilitas. SPIP menjadi alat untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif, melaporkan pengelolaan keuangan negara secara handal. “Selain itu juga untuk mengamankan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundangan-undangan,” katanya. (put/ton)

Baca juga:  Cegah Bullying, Sentra Antasena Magelang Ajak Masyarakat Jaga Masa Depan Anak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya