Siswa Basuh Kaki Orang Tua

345
HARU : Seorang anak membasuh kaki ayahnya usai mengikuti pengarahan menjelang ujian nasional di SMK Kristen 2 Kota Magelang, kemarin. (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)
HARU : Seorang anak membasuh kaki ayahnya usai mengikuti pengarahan menjelang ujian nasional di SMK Kristen 2 Kota Magelang, kemarin. (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Refleksi menjelang ujian kelulusan di SMK Kristen 2 Kota Magelang begitu mengharukan. Tepat di momen hari valentine, para siswa membasuh kedua kaki orang tuanya di depan para guru.

Sebelum prosesi ini berlangsung, seorang guru meminta orang tua dan anak berpegangan tangan seerat-eratnya. Lalu saling memandang. Isak tangis mulai terdengar dari beberapa arah. Banyak ibu-ibu yang tak kuasa menahan air matanya, melihat anaknya berlutut, kemudian mencuci dan mengusap kaki dengan kain basah. Beberapa siswa juga terlihat sembab.

Kepala SMK Kristen 2 Magelang Widio Harsono mengungkapkan, aksi ini wujud meminta doa restu orang tua dalam menghadapi ujian nasional Maret mendatang. “Kita ingin menggali sisi kelembutan anak-anak. Kadang anak laki-laki sulit mengungkapkan rasa sayang mereka, ini coba kita kemas agar mereka bisa menunjukkan kasih sayang kepada orang tuanya,” ujar Widio.

Widio menargetkan hasil terbaik dari para siswanya, baik jurusan teknik pemesinan maupun teknik kendaraan ringan otomotif. Totalnya 39 siswa yang akan mengikuti ujian nasional.

Seorang siswa, Riski Tegar Pratama mengaku belum pernah melakukan tindakan seperti ini di rumah. Ia pun merasa lega, dan haru. “Saya jadi siap ikut ujian, semangat dan akan belajar lebih baik lagi,” ucapnya.

Sementara itu, orang tua siswa, Mudrikah tidak mampu menahan perasaannya. Ia mengapresiasi pihak sekolah telah mengadakan acara ini. Ia harap, acara ini makin menumbuhkan rasa cinta dan kasih anak pada orang tua. “Semoga bisa melaksanakan ujian dengan lancar, dengan nilai yang tidak mengecewakan atas apa yang sudah dilakukan selama ini,” tandasnya. (mg2/mg1/put/ton)

Tinggalkan Balasan