alexametrics

Aquascape makin Menjanjikan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Aquascape makin populer di Kota Magelang dan sekitarnya. Karena itu, Pemkot Magelang melatih warga agar bisa menangkap fenomena ini jadi peluang usaha. Salah satunya dengan memberikan pelatihan gratis.

“Kita latih mulai dari teknik memotong kaca untuk membuat akuarium, merakit lampu, kemudian membuat canister filter, dan terakhir live setting aquascape model hardscape,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang Eri Widyo Saptoko di Aula Disperpa Kota Magelang, Rabu (12/2).

Meski waktu pelatihan cukup singkat hanya tiga hari, ia berharap peserta bisa mendalami materi di rumah. Sehingga ke depan bisa muncul pemain-pemain baru di sektor perikanan, khususnya aquascape. Saat ini pula, ia gencarkan kampanye satu rumah satu akuarium. “Pemandangan miniatur ekosistem air bisa memberikan aura positif dan energi baik bagi seseorang, dengan melihat jadi tenang,” tuturnya.

Baca juga:  PJJ Peluang Usaha Selama Pandemi

Narasumber pelatihan, P Suharto mengatakan, aquascape menjadi bisnis yang menjanjikan. Saat ini peminatnya sangat banyak, bahkan merambah untuk mempercantik dekorasi ruangan di perusahaan-perusahaan besar.  Tutorial pembuatan aquascape di YouTube juga mulai banyak ditonton, hanya saja kurang detail bagi pemula. Sehingga pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan. Apalagi gratis. “Kalau pelatihan seperti ini, ada kendala (pembuatan, Red) langsung bisa ditanyakan,” ungkap pria yang juga Penasihat Komunitas Aquascape Magelang itu.

Ia memberikan teknik membuat pasir terjun. Dengan bahan pipa, kemudian menata dua jenis batu, garang stone dan lava rock agar terlihat lebih natural. “Setelah jadi, nanti ditata di akuarium, ada akar dan tumbuhannya,” imbuhnya.  (mg1/mg2/put/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya