Stok Darah Apheresis Terbatas

266
SUMBANG DARAH : Seorang pendonor sedang bersantai menunggu proses sumbang darah di PMI Kota Magelang.(SANIDIAS OKTARADITYA/RADAR KEDU)
SUMBANG DARAH : Seorang pendonor sedang bersantai menunggu proses sumbang darah di PMI Kota Magelang.(SANIDIAS OKTARADITYA/RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.ID MAGELANG – Kesadaran masyarakat Kota Magelang untuk menjadi donor apheresis cukup tinggi. Meski begitu, ketersediaan stok darah apheresis di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang sangat minim. Sebaliknya, stok darah biasa mencapai 1.500 kantong per bulan, atau sekitar 18.000 kantong darah dalam setahun.

Staf IT Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Magelang Satria Graha Perdana menyebutkan, proses sumbang darah apheresis memang membutuhkan waktu yang lama, sekitar dua jam dan menggunakan alat atau mesin khusus apheresis. Keunggulan donor apheresis dapat mengambil komponen tertentu yang dibutuhkan untuk pasien. Misalnya plasma darah, sel darah putih, sel darah merah atau trombosit saja. Sementara sumbang darah biasa hanya memerlukan waktu sekitar 10-15 menit pengambilan darah.

“Donor apheresis yang diambil hanya yang dibutuhkan saja, sedangkan komponen yang tidak dibutuhkan akan dimasukkan kembali ke tubuh pendonor, jadi itu lebih lama,” ungkap Satria, kemarin.

Sejauh ini, ia mudah mencari pendonor apheresis. Namun untuk pengambilan kebutuhan donor apheresis menunggu permintaan dari rumah sakit. Sebab darah apheresis tidak bisa disimpan dalam waktu lama, hanya bertahan sekitar lima hari.

“Jadi kita memberikan produk komponen darah itu sesuai diagnosis pasien dan surat permintaan dari rumah sakit yang ditanda tangani oleh dokter,” imbuhnya.

Satria mengatakan pendonor apheresis memiliki syarat yang lebih spesifik, yaitu harus memiliki jumlah trombosit yang lebih tinggi. “Kadar trombosit yang lebih tinggi itu berguna, karena itu akan lebih maksimal untuk kesembuhan pasien.”

Seorang warga Magelang, Muhammad Aulia Achsan, 20, mengaku dua kali melakukan sumbang darah. Ia berencana akan rutin menyumbangkan darahnya untuk mendukung kegiatan sosial kemanusiaan itu. Di sisi lain, ia merasakan tubuhnya menjadi lebih sehat. Ia juga tertarik mencoba untuk menjadi donor apheresis. (mg1/mg2/put/ton)

Tinggalkan Balasan