alexametrics

Cegah Kebocoran Butuh 100 Tapping Box

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Pemkot Magelang memasang 50 tapping box di sejumlah hotel dan restoran. Strategi ini dilakukan guna mencegah kebocoran pendapatan asli daerah (PAD) Kota Magelang.

Mesin tapping box bekerja tiap ada transaksi yang masuk ke wajib pajak (WP). Adanya alat ini, kecurangan dari pengusaha dalam melaporkan dan menyetor pajak daerah kepada Pemkot Magelang dapat diminimalkan. Kegiatan ini juga didukung oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Bank Jateng.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Magelang Wawan Setiadi menjelaskan tapping box merupakan alat perekam atau pemantau transaksi objek pajak daerah. Alat ini diklaim cukup canggih, karena dapat merekam transaksi pada komputer dan printer. “Mulai dipasang bulan Januari. Kita perkirakan pertengahan Februari sudah terealisasi 100 persen di restoran dan hotel yang potensial,” kata Wawan, kemarin.

Baca juga:  Kapolres Magelang Kota Kenalan dengan Forkompimda

Ia mengaku masih intensif melakukan sosialisasi penggunaan dan fungsi tapping box kepada WP. Mereka akan dikenakan pajak sebesar 10 persen dari pendapatan perbulan. “Kaitannya dengan pemilihan hotel dan restoran mana yang kita prioritaskan untuk didatangkan alat ini, sebelumnya telah kita kaji dan pantau. Wajib pajak mana, yang membutuhkan tapping box,” imbuhnya.

Menurut dia, pemasangan tapping box ini dinilai sebagai awal bentuk keterbukaan, transparansi, dan keterukuran pajak di Kota Magelang. Target lain yang ingin dicapai adalah meningkatnya PAD.

Wawan menjelaskan idealnya Kota Magelang membutuhkan lebih dari 100 unit tapping box. Hal ini akan direalisasikan secara bertahap. Namun demikian, dari jumlah tapping box yang ada, ia menargetkan terjadi kenaikan pajak hotel dan restoran sebesar 30 persen.

Baca juga:  Vaksin Sambil Wisata Cairkan Ketegangan Peserta

Tapping box nantinya akan tertanam semua di sistem yang ada di hotel, restoran, dan tempat hiburan di Kota Magelang. Pemasangan alat bersifat gratis yang merupakan hasil kerja sama dengan Bank Jateng. (put/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya