alexametrics

Pendekatan Personal untuk Siswa Nakal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Peran guru bimbingan konseling (BK) sangat dibutuhkan di sekolah untuk mengatasi masalah sosial-emosional yang dialami siswa, seperti kenakalan remaja. Sebab kemajuan teknologi dan kebebasan menggunakan media sosial nyatanya bisa memicu perilaku menyimpang yang makin kompleks di kalangan pelajar.

Kepala SMK Citra Medika Kota Magelang Hendratno Widhiatmanto mengatakan, guru BK memiliki peran strategis dalam menciptakan suasana belajar di sekolah lebih kondusif. Guru BK, harus bisa merangkul siswa, utamanya mereka yang memiliki permasalahan agar bisa kembali mengikuti kegiatan belajar di sekolah dengan baik.

“Kita beri motivasi, bagaimana menjadi guru BK yang dirindukan siswa dan menghapus kesan guru BK galak, supaya bisa membantu siswa untuk meraih masa depan,” jelasnya dalam seminar “Being a Welcomed Counsellor in Assisting Students Achieve Their Future”, Kamis (6/2). Acara ini diikuti guru BK SMP, perwakilan siswa, dan orang tua dari Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Temanggung dan wilayah Kedu lainnya dengan pembicara motivator Agung Widodo.

Baca juga:  Produk Tefa Diusulkan ke BPOM

Ia menyadari, personel guru BK di sekolah sangat minim bila dibandingkan jumlah siswa yang memiliki masalah. Ia tidak memungkiri, jika terkadang target sekolah kurang berhasil. Meski begitu, profesionalitas guru BK tetap dibutuhkan. “Dengan pendekatan personal sebenarnya bisa dilaksanakan pendampingan bagi siswa yang berkebutuhan khusus. Tapi sejauh ini masih jauh dari harapan karena kenakalan remaja dan ketersediaan waktu dan jumlah guru BK tidak memadai.” (put/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya