Patung Soekarno Dipasang di Akmil

153
HARGAI PENDIRI : Megawati Soekarnoputri didampingi Puan Maharani, Prabowo Subianto, serta Jenderal Andhika Perkasa saat meresmikan patung Soekarno di komplek Akademi Militer Magelang, Jumat (7/2).(DOKUMENTASI PENHUMAS AKMIL MAGELANG)
HARGAI PENDIRI : Megawati Soekarnoputri didampingi Puan Maharani, Prabowo Subianto, serta Jenderal Andhika Perkasa saat meresmikan patung Soekarno di komplek Akademi Militer Magelang, Jumat (7/2).(DOKUMENTASI PENHUMAS AKMIL MAGELANG)

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Presiden Republik Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputrimeresmikan patung ayahandanya di komplek Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jumat (7/2). Patung setengah badan Soekarno berbahan tembaga, kuningan dan perunggu ini memiliki tinggi 1,2 meter dan bobot 70 kg. Keberadaan tersebut untuk mengenang jasanya dalam pendirian Akademi Militer Nasional (AMN) yang menjadi cikal bakal Akmil Magelang.

Megawati Soekarnoputri sangat mengapresiasi adanya patung Soekarno di Akmil Magelang. Ia mengaku sering ditanya jika Bung Karno telah mendirikan Akademi Militer, namun tidak ada patungnya. “Bung Karno sudah punya anak, cucu, seringkali menanyakan, menurut cerita, kakek itu dulu mendirikan Akademi Militer. Tentu saya ditanya ada nggak patungnya? Tidak ada,” katanya. Namun kini, keinginan keluarga Bung Karno agar patung sosok pendiri Akmil tersebut dipasang, sudah menjadi kenyataan. Hadir pula dalam acara ini cucu Soekarno yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani, Menhan Prabowo Subianto, Kepala BIN Budi Gunawan, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, dan tamu undangan lainnya.

Megawati menyebutkan, banyak pematung di Indonesia mengaku kesulitan membuat patung karakter Bung Karno secara utuh. Megawati menanyakan alasan kesulitan membuat patung Bung Karno tersebut, dan didapati karena karakter Bung Karno susah sekali ditampilkan. “Karena memang banyak pematung di Indonesia ini yang bertemu dengan saya seperti Nyoman Nuarta dan sebagainya. Heran sekali Ibu Mega, sulit untuk patung tokoh Bung Karno. Saya bilang itu urusan kalian bukan saya. Jadi kalau nanti benar dapat memperlihatkan wajah, ‘beliau’ dan pada umur berapa, saya sangat berterima kasih sekali,” bebernya.

Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurrahman mengatakan, patung Soekarno di Akmil sebagai simbol untuk menghormati dan mengabadikan perjalanan perjuangan bersejarah Sang Proklamator. Selain itu, untuk dijadikan panutan teladan bagi taruna-taruni sebagai calon pimpinan TNI Angkatan Darat dan TNI masa depan.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga akan berencana membuat patung Soekarno sedang menunggang kuda. Sebab, kata Prabowo, saat menjadi inspektur upacara ulang tahun pertama TNI, Soekarno menginpeksi pasukan dari atas kuda. “Jadi ini fakta sejarah yang ingin kita abadikan,” tandasnya. (had/ton)

Tinggalkan Balasan