alexametrics

Lintasan Stadion dr Moch Soebroto Dibuka Umum

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID MAGELANG – Stadion dr Moch Soebroto sekarang jauh dari kesan eksklusif. Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito membolehkan lintasan lari yang ada digunakan untuk berolahraga masyarakat Kota Magelang tiap hari Minggu mulai pukul 05.00 WIB. Meski begitu, tetap bersyarat agar fasilitas terjaga baik.

“Stadion ini akan dibuka tiap Minggu dengan catatan di lingkungan Gelora Sanden tidak boleh ada yang merokok. Lintasan ini mahal, biasa digunakan untuk para atlet. Masuk sini pakai sepatu olahraga, jangan yang tinggi (high heels, Red) supaya lintasan awet,” ujar Sigit saat menghadiri Senam Moncer Serius, di stadion, beberapa waktu lalu.
Kepala UPT Pengelolaan Sport Center (Gelora Sanden) Bayu Saputro menjelaskan lintasan lari di stadion berstandar nasional, dengan bahan karet sintetis. “Keunggulannya, permukaan memiliki daya redam, sehingga dapat mengurangi cedera pada kaki. Di saat bersamaan permukaannya mempunyai daya pegas yang kuat dan stabil, sehingga pelari dapat mendorong tenaga kaki mereka untuk berlari lebih maksimal. Selain itu, kelebihan ada pada daya cengkeram permukaannya,” bebernya, kemarin.

Baca juga:  Stok Sembako Masih Aman

Lintasan ini diklaim juga mahal, dan bahan sintetik sangat sensitif terhadap benda keras dan tajam. Sehingga ada peraturan yang harus ditaati pemakai.

Bayu menyebut, tidak diperbolehkan memakai sandal, dilarang memakai sepatu yang beralas keras. Dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam lintasan, dilarang merokok, dan dilarang membawa benda-benda tajam yang dapat merusak lintasan.

“Warga wajib ikut menjaga fasilitas. Jika tidak, lintasan ini cepat rusak dan untuk pembuatannya sendiri butuh anggaran yang sangat besar,” imbuhnya.

Dibukanya lintasan ini pada saat car free day (CFD) di kawasan Gelora Sanden berlangsung dapat memberikan sarana olahraga yang berkualitas bagi masyarakat. Ia harap, olahraga menjadi gaya hidup. Di sisi lain menumbuhkan prestasi di bidang olahraga. (put/lis)

Baca juga:  Desa Balesari dan Kelurahan Panjang Jadi Target TMMD Sengkuyung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya