alexametrics

Rumuskan Kebijakan melalui Command Center

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Kota Magelang kini memiliki ruang Command Center yang berada di komplek kantor Wali Kota Magelang. Ruang ini bermanfaat untuk memberikan akselerasi data kepada kepala daerah juga merumuskan kebijakan.

Ruang Command Center diresmikan Kamis (26/12) kemarin oleh Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, didampingi Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina dan Sekretaris Daerah Joko Budiyono.
Ruangan ini merupakan pusat kendali berbasis teknologi informasi tentang Kota Magelang yang diinisiasi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistika (Diskominsta).

“Di Command Center tersedia alat strategis dalam rangka kepala daerah mengambil kebijakan. Termasuk anjuran Menpan RB terkait aduan masyarakat. Kemudian dihubungkan lagi dengan call center 112. Harapannya Command Center menjadi sentra memberikan pelayanan kepada publik,” ungkap Kepala Diskominsta Kota Magelang Catur Budi Fajar.
Layanan kedaruratan 112 melayani semua kebutuhan darurat yang berkaitan dengan kesehatan, bencana alam, kebakaran, kriminalitas, keamanan dan ketertiban umum.

Baca juga:  Enam Kepala OPD Belum Definitif

“Meski hanya menempati ruang berukuran 6 x 6 meter, tapi Command Center kaya fungsi, isinya monitor dan laptop untuk operasional. Dan terintegrasi dengan ruang rapat Wali Kota Magelang,” bebernya.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, mengapresiasi adanya Command Center. Bagi Sigit, ini sangat penting karena hanya dengan melihat update data, pihaknya bisa merumuskan kebijakan, seperti terkait kemiskinan, pro-job, pro-environment dan sebagainnya. Meskipun nantinya, kata Sigit, harus tetap menjalankan tugas di lapangan. (had/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya