alexametrics

Ratusan Ribu Rokok Direndam Air

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Sebanyak 234.492 batang rokok dari berbagai merek, 2.840 gram tembakau iris dan 15.750 mililiter cairan liquid vape Selasa (17/12) dimusnahkan oleh Kantor Bea Cukai Magelang. Pemusnahan dilakukan dengan cara direndam dengan air di bak penampungan.

Untuk pemusnahkan liquid vape ilegal, dilakukan dengan cara botolnya dibuka, kemudian cairan dituangkan dalam tempat penampungan. Kemudian botolnya dipecah. Untuk rokok ilegal dari berbagai merek dimusnahkan dengan cara dipotong-potong,lalu  direndam ke dalam air penampungan.

Kepala Kantor Bea Cukai Magelang Endang Retnowaty mengatakan, pemusnahan ini merupakan hasil kegiatan operasi gempur sesuai perintah Menteri Keuangan, agar menekan peredaran rokok ilegal sampai 3 persen. Dalam kegiatan gempur rokok ilegal ini, pihaknya gencar melakukan berbagai penindakan mulai November 2018 sampai Oktober 2019 di wilayah pengawasan Kantor Bea Cukai Magelang. Meliputi wilayah Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Purworejo, Temanggung dan Wonosobo.

Baca juga:  Berdayakan Warga, Latih Budidaya Jamur Tiram

Endang menyebutkan, periode penindakan ini, terdapat 34 kasus cukai ilegal yang didominasi rokok dan cairan liquid vape ilegal. “Secara total kerugian negara sekitar Rp112 juta, sedangkan nilai dari barang yang kita musnahkan ini ada Rp176 juta. Ini sudah mendapat persetujuan pemusnahan dari Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Jawa Tengah dan DIY,” katanya.

Endang menyebut, barang hasil penindakan berupa liquid vape disita dari toko pengecer. Untuk  rokok ilegal, hasil sitaan dari sejumlah pedagang di pasar.

Endang menjelaskan,  liquid vape yang disita merupakan ilegal karena tanpa dilengkapi cukai. “Biasanya anak-anak milenial beralih ke vape. Vape yang disita ini merupakan vape ilegal.Yang kita lakukan penindakan ini adalah vape yang tanpa dilengkapi dengan pita cukai,” tandasnya. (had/lis)

Baca juga:  Banyak Orang Tua dan Calon Siswa Masih Bingung Alur Pendaftaran Online

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya