alexametrics

Generasi Milenial Mendunia

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Sebanyak 200 siswa kelas XI SMK Citra Medika Kota Magelang mengikuti ucap sumpah janji kesehatan (USJK). Artinya sebentar lagi mereka akan diterjunkan melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL) ke berbagai fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

“PKL itu mengaplikasikan ilmu yang didapat di sekolah untuk diterapkan di masyarakat. Kita harapkan  mereka bisa memadukan ilmu yang dia terima,” kata Kepala SMK Citra Medika Kota Magelang Hendratno Widhiatmanto di sela acara USJK bertajuk Mewujudkan Generasi Milenial yang Berkarakter dan Mendunia,di Atria Hotel Magelang, kemarin.

Menurut pria yang akrab disapa Hendro itu, siswa mendapat kesempatan luas mengasah keterampilan saat PKL tanpa mengabaikan kode etik kesehatan dan kefarmasian. Selama PKL juga ditekankan agar siswa disiplin waktu. “Tantangan PKL saat ini mengatasi kecanduan kemudahan teknologi. Jangan sampai mereka senang bermain teknologi (gawai, Red) daripada mengunjungi pasien,” ujarnya.

Baca juga:  Desa-desa Terdampak Pembangunan Tol Jogja-Bawen belum Dapat Kepastian

Hal lain yang perlu diwaspadai di dunia kerja saat ini adalah ancaman robotik terhadap tenaga kerja manusia. Karena itu ia mempersiapkan siswanya menjadi generasi yang berkompeten, berkarakter dan mengendepankan sisi humanisme melalui program-program sekolah. “Pandai saja tidak cukup untuk bisa diterima di dunia kerja. Mereka harus berkarakter dan bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya,” imbuhnya.

Seorang siswa, Tri C Puspitasari merasa termotivasi setelah mengikuti USJK. Ia mempersiapkan diri agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pasien di puskesmas. PKL akan ia jalani mulai awal tahun 2020 mendatang. (put/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya