Bangun Gelora Sanden, Fasilitas Lengkap dan Ramah Difabel

Upaya Pemkot Magelang Bangkitkan Olahraga

352
GOR Samapta. (IST)
GOR Samapta. (IST)

RADARSEMARANG.ID, Langkah progresif ditunjukkan Pemkot Magelang untuk membangkitkan dunia olahraga di Kota Magelang. Upaya strategis adalah dengan membangun fasilitas-fasilitas olahraga di beberapa kawasan. Salah satunya di kawasan Sanden, Magelang Utara yang menjadi pusat olahraga.

WALI Kota Magelang Sigit Widyonindito menamai kawasan tersebut sebagai Gelora Sanden. Di sini terdapat Stadion dr Moch Soebroto, Gedung Olahraga (GOR) Samapta, Samapta Aquatic Stadium, dan Lapangan Tenis Moncer Serius. “Fasilitas-fasilitas ini silakan dipakai untuk publik, namun saya minta semua masyarakat ikut merawat fasilitas yang ada,” kata Wali Kota Sigit.

Lapangan tenis outdoor terdapat 4 line. (IST)
Lapangan tenis outdoor terdapat 4 line. (IST)

Adanya fasilitas yang menunjang, ia berharap dapat mendukung masyarakat dan para atlet mengasah kemampuan. Target Sigit, muncul atlet-atlet muda berprestasi yang membawa nama harum Kota Magelang di kancah lokal, regional, nasional bahkan ke tingkat dunia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Magelang Yonas Nusantrawan Bolla menyebutkan bahwa Lapangan Tenis Moncer Serius memiliki dua lapangan indoor dan empat lapangan outdoor. Menurut dia, lapangan ini dibangun dengan material terbaik, agar fasilitas tersebut berstandar nasional. Selain itu untuk memperhatikan kenyamanan pemain, lapangan tersebut ramah bagi difabel. “Jenis lantai lapangan menggunakan bahan flexy rubber cussion,” imbuhnya.

Dia menjelaskan keunggulan jenis lantai yang dipilih. Bahan lapisan flexy rubber impor, kemudian tidak licin, antimengelupas, tahan terhadap sinar UV dan hujan, sepatu dan bola tidak boros, punya daya lentur murni dari karet dan daya rekat sangat kuat. “Daya tahan lebih dari 10 tahun, tapi biaya perawatannya ringan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Pengelolaan Sport Center Bayu Saputro mengungkapkan minat masyarakat menggunakan fasilitas olahraga di Gelora Sanden sangat tinggi. Ia mencontohkan, hampir setiap hari GOR Samapta telah terisi jadwal latihan. Di gedung ini, bisa digunakan untuk tiga cabang olahraga, yakni basket, voli dan bulutangkis.

“Masih banyak masyarakat yang ingin menggunakannya tapi penuh. GOR ini juga bisa dipakai untuk kegiatan-kegiatan selain olahraga,” imbuhnya.

Ketertarikan masyarakat menggunakan fasilitas ini tak lain karena terjangkaunya harga sewa GOR sesuai peraturan. Bayu menyebutkan,

tarif sewa dibedakan berdasarkan kegiatan yang diselenggarakan. Misalnya kegiatan latihan  rutin olahraga pagi Rp 40.000 per jam dan malam hari Rp 50.000 per jam.  “Sedangkan untuk lapangan tenis masih dalam tahap penyusunan tarif sewa.”

Bayu memprediksi, kawasan ini akan semakin ramai jika semua fasilitas yang ada bisa difungsikan. Samapta Aquatic Stadium, juga akan menjadi magnet tersendiri dengan pesona Gunung Sumbing yang indah.

“Kolam renang ini sudah memenuhi standar nasional, ada venue untuk loncat indah, renang, dan tribun penonton. Fasilitas ini dibangun dengan harapan bisa digunakan untuk penyelenggaraan kejuaraan renang maupun loncat indah,” jelasnya.

Hingga saat ini, lanjut dia,  Pemkot Magelang masih menyempurnakan bangunan Samapta Aquatic Stadium dan lapangan tenis Moncer Serius. Serta menyiapkan tenaga profesional untuk merawat fasilitas yang tersedia. (ris/hms)