alexametrics

Angkat Batik Lokal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG — Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Daerah Kota Magelang berharap para anggotanya bisa memiliki jiwa wirausaha dan menjadi wiraswasta membuat batik. Lewat pelatihan membatik, diharapkan bisa ikut melestarikan batik lokal khas Kota Magelang.

“Dengan menggunakan batik lokal secara tidak langsung juga turut membantu pelaku UMKM, khususnya perajin batik, untuk meningkatkan perekonomian,” ujar Ketua DWP Setda Kota Magelang, Dwi Arni Joko Budiyono di sela kegiatan pelatihan membatik belum lama ini.

Pengusaha batik asal Magelang Iwing Sulistyowati menambahkan pembuatan batik dengan teknik sibori relatif mudah sehingga cocok bila dipraktikkan oleh para pemula. Ia menyebut proses pembuatan batik dengan teknik itu pun tidak memakan banyak waktu. “Pembuatan batik dengan teknik sibori ini sangat mudah hanya butuh waktu beberapa menit untuk kain seukuran 30×30 cm yang kita praktikkan, ujar dia.

Baca juga:  UMKM Kabupaten Semarang Terima Bantuan Tunai Rp 200 Ribu Selama Dua Bulan

Ia menyebutkan teknik batik sibori biasa diterapkan tak hanya untuk kain, namun bisa dijadikan pula untuk aksesori, seperti tas dan dompet. (*/put/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya