alexametrics

Perkuat Pendidikan Karakter Islami

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Universitas Muhammadiyah Magelang mendapat hibah dari Kemenristekdikti melalui skim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada tahun 2019. Ada beberapa Tim Pengabdi yang diterjunkan langsung di masyarakat. Di antaranya tim yang diketuai Dr Imam Mawardi MAg di MI Muhammadiyah Sidorejo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Dalam pelaksanaannya Imam dibantu oleh Norma Dewi Sholihah, MPdI dan Akhmad Baihaqi MPdI serta beberapa mahasiswa dari Fakultas Agama Islam UMM. Kegiatan yang dilakukan pada Mei hingga September 2019 ini mengusung tema : PKM Guna Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Budaya Islami di MI Muhammadiyah Sidorejo Bandongan Magelang.

“Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan wawasan kepada mitra meramu pembelajaran dengan metode dan media yang menarik dalam menginternalisasi nilai-nilai karakter Islami dalam mendukung program penguatan pendidikan karakter,” tutur Imam. Selain itu, lanjut Imam, dapat mengembangkan budaya sekolah yang Islami dengan manajemen kelas dan sekolah yang tertata dengan baik.

Baca juga:  Donasi Makanan untuk Warga

Ditambahkan Norma, pengabdian ini terbagi ke dalam beberapa tahapan kegiatan. Di antaranya workshop pengembangan metode dan media pembelajaran berkarakter nilai-nilai Islami, workshop dan bimbingan teknis penyusunan desain pembelajaran berbasis kurikulum 2003 perubahan 2017, pendampingan manajemen kelas berkarakter Islami serta pendampingan sistem manajemen budaya Islami sekolah.

Kepala MI Sidorejo Fauzi mengatakan, kegiatan pengabdian tersebut sangatlah bermanfaat bagi warga madrasah. “Kegiatan Pengabdian Dosen UM Magelang membuka wawasan bagi kami dalam mengembangkan budaya Islami di Madrasah,” ujarnya. (ima/sct/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya