Kota Magelang Kembali Raih WTN

157
PRESTASI : Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) kategori kota sedang tahun 2019.(ISTIMEWA)
PRESTASI : Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) kategori kota sedang tahun 2019.(ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) kategori kota sedang. Penghargaan diserahkan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi di Jakarta Convention Center Minggu (15/9).

Wali Kota Sigit mengatakan pihaknya sudah meraih WTN empat kali sejak 2014. “Mulai 2014, 2015, dan 2016. Yang lebih membanggakan lagi skor di semua aspek di atas 85 semua. Karena itu kita mendapatkan WTN tahun 2019 ini tanpa catatan,” kata Sigit, kemarin.
Dia menjelaskan, penilaian WTN tahun ini dilakukan sejak tahun 2018. Sedangkan pada penghargaan sebelumnya ada tahun yang sama. “Untuk mendapatkan WTN tahun 2019, penilaiannya dilakukan sejak 2018 dan 2019. Jadi selama dua tahun, kita sangat bersyukur karena transportasi kita dianggap memuaskan,” ujarnya.

Menurut Sigit, prestasi ini dapat diraih atas keterlibatan semua elemen, termasuk peran dari jajaran Polres Magelang di bawah kepemimpinan Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi. Beberapa program yang menunjang dalam penilaian WTN di antaranya, car free day yang dilaksanakan 20 kali dalam setahun dan car free night pada malam tahun baru.

Selanjutnya, adanya taman lalu lintas, keberadaan jalur khusus sepeda, pedestrian yang ramah terhadap penyandang disabilitas, kawasan tertib lalu lintas yang gencar dilaksanakan Pemkot Magelang bersama jajaran instansi terkait, dan implementasi Area Traffic Control System (ATCS).

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang Suryantoro menyebutkan, secara umum ketersediaan rambu lalu lintas di Kota Magelang telah memenuhi kebutuhan. Kemudian paku jalan dan marka jalan menyala ketika malam hari. (put/lis)