alexametrics

UMKM Kota Magelang Siap Beri Pelatihan di Sumba

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG–Paguyuban UMKM Kota Magelang akan memberikan pelatihan terhadap masyarakat Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi NTT. Ketua UMKM Kota Magelang Iwing Setyowati mengaku sangat bersemangat mengenalkan produk-produk UMKM Kota Magelang kepada Pemkab Sumba Barat Daya dan Pemkab Sumba Barat.

“Kami menawarkan kerja sama, baik dalam bisnis maupun pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan. Kami siap berbagi ilmu dan pengalaman kepada warga Sumba,” paparnya saat berkunjung ke Kabupaten Sumba Barat Daya belum lama ini.

Iwing berkomitmen melakukan pemberdayaan ke masyarakat luas. Pelaku UMKM Kota Magelang cukup difasilitasi saja oleh Pemkab Sumba Barat Daya dan siap berbagi ilmu membatik kepada warga setempat.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumba Barat Daya, Ratu Wula Talu menjanjikan November mendatang akan memanggil UMKM Kota Magelang untuk memberikan pelatihan. Pelatihan tidak hanya untuk Kabupaten Sumba Barat Daya saja, melainkan seluruh Sumba. Yakni Kabupaten Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah, dan Sumba Timur. Pihaknya juga siap mengembangkan batik Sumba, tentunya dengan kekhasan motif khas daerah Sumba.

Baca juga:  Foto Tunjukkan Antusiasme

“Saya ajak mereka, karena saya tidak hanya berpikir untuk pemberdayaan masyarakat Sumba Daya Barat saja, tapi Sumba secara keseluruhan. Apalagi, bulan depan suami sudah tidak lagi menjabat sebagai bupati, jadi saya akan bertugas sebagai anggota DPR RI,” kata anggota DPR RI terpilih dari Dapil Sumba NTT ini.

Sekda Kota Magelang Joko Budiyono mengutarakan, Kota Magelang mengandalkan sektor jasa baik pariwisata, pendidikan, maupun perdagangan. Termasuk UMKM yang cukup banyak berkembang, seperti batik, keripik, kerajinan, dan lainnya. Pendapatan asli daerah (PAD) tiap bulan bisa mencapai sekitar Rp 200 miliar. (had/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya