alexametrics

Wajah Lama Mendominasi Penetapan Anggota DPRD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG, Radar Kedu – Sebanyak 31 wajah lama anggota DPRD Kabupaten Magelang mengisi komposisi legislatif periode 2019-2024. Hal ini terlihat usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang menetapkan kursi partai politik dan calon terpilih DPRD Kabupaten Magelang periode 2019-2024 Sabtu (10/8) di Semanggi Balroom Atria Hotel Magelang.

Ketua KPU Kabupaten Magelang Afifuddin menjelaskan dari 50 anggota DPRD yang terpilih, terdiri dari 31 orang anggota yang telah menjabat sebelumnya dan 19 anggota yang baru.
Afiffuddin menyebutkan, dari hasil pemilihan legislatif DPRD Kabupaten Magelang, PDI Perjuangan memperoleh kursi paling banyak dengan jumlah 13 kursi. Sedangkan nomor dua PKB delapan kursi, disusul Gerindra tujuh kursi, Golkar enam dan PKS 6 kursi. Untuk PPP empat kursi, PAN tiga, Nasdem dua dan Demokrat hanya satu kursi.

Baca juga:  Anggaran Pendidikan masih Timpang

“Hasil ini disampaikan kepada gubernur melalui bupati pada Senin (12/8). Pelantikan dan pengambilan sumpah pada 26 Agustus 2019,” imbuhnya.
Wajah lama juga mendominasi anggota DPRD Kabupaten Temanggung yang ditetapkan KPU Sabtu (10/8) lalu. “Sebayak 29 orang calon anggota DPRD Kabupaten Temanggung merupakan wajah lama sedangkan 16 lainnya merupakan wajah baru,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Temanggung M. YUsuf Hasyim.

Disampaikan dari 45 kursi di DPRD Kabupaten Temanggung, perolehan kursi terbanyak diraih PDI Perjuangan sebanyak 9 kursi. Disusul PKB 7 kursi, Partai Golkar 6 kursi, Partai Gerindra 5 kursi, PAN 5 kursi. Kemudian, PPP 5 kursi, PKS 3 kursi, Partai Nasdem 2 kursi, Partai Hanura 2 kursi, dan Partai Demokrat 1. Dengan ditetapkannya para calong anggota DPRD temanggung tersebut, Yusuf menyatakan bahwa tahapan di KPU dalam pelaksanaan pemilu 2019 sudah selesai. “Kita tinggal koordinasi dengan Sekretaris DPRD Kabupaten Temanggung untuk mempersiapkan pelantikan yang ranahnya sudah di ranah sekwan,” bebernya.

Baca juga:  Belum Penetapan, Buru Suket untuk Pinjaman

Meskipun calon anggota DPRD Kabupaten Temanggung didominasi petahana, namun untuk PPP dari 5 kursi yang diperoleh, 4 calon merupakan wajah baru. yakni Rahmad Fauzi, Nurofik, Mahbub, Ahmad Syarif Yahya, sedangkan petahana yang bertahan, yakni Slamet Ekowantoro. (mg3/mg5/had/tbh/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya