alexametrics

Duta Wisata Magelang Harus Jago Nge-Vlog

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Duta Wisata Kota Magelang dijagokan mampu mempromosikan potensi wisata melalui dunia maya. Sebagai generasi muda terpilih, mereka harus bijaksana dalam memanfaatkan kemudahan teknologi dan akses informasi untuk suatu tujuan yang baik.

“Mereka sudah kami bekali dengan kemampuan IT, harus bisa nge-vlog, terutama membuat konten YouTube dan sebagainya. Supaya apa yang mereka tangkap bisa diinformasikan kepada yang lain,” kata Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang, Djarwadi di malam penobatan Putra-putri Duta Wisata Kota Magelang 2019, di Atria Hotel Magelang, Jumat, (9/8/2019) lalu.

Ia optimis para Duta Wisata dari kalangan generasi milenial itu dapat membantu Pemkot Magelang dalam memasarkan destinasi wisata yang ada. Promosi menggunakan media sosial juga dirasa tepat di era digital seperti sekarang. “Rata-rata anak sekarang memiliki kemampuan IT,” tambahnya.

Baca juga:  Operasi Zebra Candi, Polres Magelang Kota Kerahkan 55 Personel

Terobosan baru ini diyakini dapat menyingkirkan stigma masyarakat terhadap para duta wisata yang kerap dipandang hanya sebagai penerima tamu.

“Tugas mereka diantaranya memang sebagai among tamu, tapi nggak cuma itu saja. Kita libatkan juga dalam pameran dan ke sekolah-sekolah untuk memberikan pengertian tentang kepariwisataan Kota Magelang. Jadi salah itu, kalau dianggap sebagai among tamu saja,” tegasnya.

Dikatakan Djarwadi, banyak kegiatan yang dikerjakan oleh para Duta Wisata termasuk alumninya yang tergabung dalam komunitas Paguparang. Seperti mengelola acara malam final pemilihan duta wisata.

“Kita beri mereka kebebasan. Sehingga banyak mantan Duta Wisata yang bisa berkembang dan eksis, seperti di dunia hiburan,” tambahnya.

Baca juga:  Hari Ini Dipentaskan Babad Diponegoro

Sementara itu, Kabid Pariwisata Disporapar Kota Magelang, Abdul Rochman menambahkan, ada sekitar 150 pendaftar Duta Wisata. Kemudian tersaring 15 pasang sebagai finalis. Setelah itu diambil 7 pemenang. 3 diantaranya merupakan juara utama, 3 juara atribut (kepribadian, intelegensia, dan persahabatan), juga juara favorit. Adapun pendaftar dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum.

Pada penutupan malam penobatan itu, putra dan putri yang terpilih menjadi Duta Wisata Kota Magelang adalah Ahmad Abdul Wahid seorang guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) di SMK Citra Medika Kota Magelang dan Shafa Denaya, pelajar dari SMA Negeri 1 Magelang. (put/sas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya