alexametrics

Pegunungan Patiayam Ditanami Pohon Durian

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KUDUS-Kawasan pegunungan Patiayam di wilayah Kabupaten Kudus dan Pati ditanami pohon durian dan berbagai jenis tanaman keras lainnya. Selain untuk konservasi juga bermanfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar. Penanaman dilakukan program Djarum Trees For Life dari Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) bekerja sama dengan Kelompok Tani Hutan (KTH) Patiayam Rejo. Penghijauan inipun didukung penuh Pemprov Jateng serta Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penanaman tersebut berlangsung rabu (15/1) kemarin, sekaligus memperingati Hari Sejuta Pohon Sedunia, di Bumi Perkemahan Ronggo Kusumo, Desa Klaling. Dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Plt Bupati Kudus Hartopo, serta Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji.

Baca juga:  Pelayat Habib Ja'far Al-Kaff Dibatasi, Ada Sweeping di Perbatasan Kota Kudus

Ganjar Pranowo mengajak warga menanam pohon yang sesuai fungsinya agar menjaga ekosistem. “Coba perhatikan di sekeliling Anda, ini semua gundul. Pegunungan Patiayam ini gundul dan tidak punya tanaman keras. Di sini banyak ditanami pohon Singkong, tidak punya kekuatan seperti pohon berkayu keras tadi untuk menahan air,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Ganjar Pranowo, semua harus mulai menanam agar ekosistem tidak hancur. “Program penanaman Djarum Foundation ini juga sebagai salah satu kolaborasi yang baik dalam merawat lingkungan demi kehidupan yang terjamin. Bagi masa anak cucu kita dan seterusnya. Selain itu, lingkungan juga menjadi tempat yang semakin nyaman, hijau dan asri,” ujarnya.

FX Supanji memaparkan, pemilihan pohon yang ditanam berdasarkan tinjauan tipografi dan kondisi tanah. Bahwa kawasan pegunungan Patiayam memerlukan Penghijauan dengan jenis tanaman yang tidak hanya bertahan satu musim. Fungsi lainnya yakni tanaman tersebut tetap mendatangkan fungsi ekonomi bagi masyarakat kawasan pegunungan Patiayam. Jenis tanaman konservasi dan buah yang cocok dan ditanam di kawasan ini, antara lain Durian, Mangga, Alpukat, Jambu Bol, Kelengkeng Kepoh, Beringin, Jengkol, Petai, Asam Jawa.

Baca juga:  Minyak Goreng Palsu di Kudus Dibuat dari Air Cucian Mobil Dicampur Zat Pewarna

“Timbul pemikiran untuk menghijaukan pegunungan ini. Dengan menanami pohon berkayu keras, air akan mudah diserap dan dialirkan. Selain itu juga memberikan kemakmuran kepada masyarakat khususnya kawasan Patiayam ini. Ingat menjaga alam dan ekosistemnya adalah tugas kita semua,” ungkapnya. (fiq/web/ap)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya