alexametrics

22 Desa di Kendal masih Blankspot

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Sebanyak 22 desa di Kabupaten Kendal saat ini masih blankspot alias tak terjamah jaringan internet. Kendati begitu Diskominfo Kendal menargetkan pada 2024 semua desa sudah terakses internet.

Kepala Diskominfo Kabupaten Kendal Wiwit Andariyono menjelaskan, 22 desa dengan wilayah blankspot tersebar di lima kecamatan. Di antaranya Kecamatan Pageruyung, Singorojo, Kaliwungu Selatan, Limbangan, dan Ringinarum. Dari wilayah itu, ada beberapa desa yang tidak terdeteksi sinyal internet dan ada beberapa desa yang sudah terpasang jaringan fiber optik.

“Jadi nggak semuanya sudah terpasang jaringan fiber optik. Ada yang belum. Memang yang paling banyak wilayah Kendal atas,” katanya.

Wiwit mengatakan, pihaknya terus berupaya memperbaiki dan meningkatkan sarpras akses internet di semua wilayah Kendal. Namun secara bertahap. Selain itu, pihaknya juga bakal menyasar SD di pedesaan dan perkampungan agar seluruhnya bisa terfasilitasi internet.

Baca juga:  Pengunjung RSUD Abaikan Imbauan Jaga Jarak

“Untuk membangun fiber optik pada 2023 nanti ada Rp 3,7 miliar. Itu diperoleh dari provinsi. Program ini juga sudah dimulai sejak 2020,” jelasnya.

Saat ini, pihaknya tengah memprioritaskan jaringan internet di sekolah-sekolah. Pihaknya menargetkan pada 2024 semua desa bisa memanfaatkan fasilitas internet. Pihaknya juga bekerja sama dengan Dishub serta DPU.

“Saya harap setiap pemerintah desa bisa lebih mandiri meningkatkan fasilitas internet untuk masyarakatnya. Itu untuk mengurangi desa blankspot di Kabupaten Kendal,” tandasnya. (dev/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya