Bermula dari Ajakan Tawuran, Begini Kronologi Penganiayaan yang Menewaskan Pemuda di Kendal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kendal akhirnya menetapkan dua orang sebagai tersangka penganiayaan terhadap Bagus Prasetio Wisodo, 20, pemuda asal Plantaran, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal.

Sebelumnya, ada empat pemuda terduga pelaku penganiayaan yang berhasil diringkus Satreskrim Polres Kendal. Setelah menjalani pemeriksaan sejak Senin (15/8) siang hingga malam, akhirnya dua pemuda bernama Agus Fadlan alias A, 20, warga Cepiring-Kendal, dan Sunarto alias N, 21, warga Kebonagung, Semarang Timur ditetapkan sebagai tersangka penganiayaan Bagus Prasetio Wisodo hingga tewas.

“Empat orang terduga pelaku itu ditangkap di tempat persembunyiannya. Yaitu di Kendal dan Kota Semarang,” kata Kasat Reskrim Polres Kendal AKP Agus Budi Wahyono.

AKP Agus menjelaskan, hasil otopsi korban sudah keluar. Ditemukan luka akibat kekerasan benda tumpul berupa luka lecet pada wajah dan anggota gerak. Selain itu, ada resapan darah pada kulit kepala bagian dalam, rongga dada sisi belakang kanan, ginjal kiri, hepar, dan penggantung usus kiri. Ditemukan patah tulang iga belakang kanan tujuh, delapan, dan sepuluh. Serta luka akibat kekerasan benda tajam berupa luka tusuk pada punggung dan bokong, luka bacok pada kepala, dan patah tulang atap tengkorak.

Baca juga:  Imran Nahumarury Mundur dari Kursi Pelatih PSIS

“Korban sempat mendapatkan perawatan medis luka pada punggung. Lalu didapatkan tanda mati lemas dan perdarahan hebat. Korban meninggal karena kekerasan benda tajam pada kepala yang mengakibatkan patah tulang atap tengkorak dan luka bacok pada otak,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Kendal AKBP Jamal Alam menjelaskan, penetapan dua tersangka ini sebagai langkah tegas aparat kepolisian dalam menindak pelaku kriminalitas. Kedua tersangka ini telah melakukan tindak pidana penganiayaan yang mengakibatkan Bagus Prasetio Wisodo meninggal dunia. Selain itu, kedua tersangka telah membacok korban dengan celurit. “Keduanya membacok korban dengan menggunakan celurit,” jelasnya.

Selain itu, pihak kepolisian juga mengamankan barang bukti berupa satu buah senjata tajam jenis celurit, satu buah ponsel, satu buah celana panjang warna hitam, satu buah ikat pinggang warna hitam bertuliskan SDN 2 Plantaran Kecamatan Kaliwungu Selatan, satu buah jaket sweater warna hitam bertuliskan Adidas, satu buah celana pendek warna hitam, dan satu celana dalam warna hijau tua.

Baca juga:  Tempat Pengolahan Kayu Terbakar, Kerugian Capai Rp 300 Juta

AKBP Jamal menerangkan, pihaknya masih mendalami motif utama penganiayaan ini. Menurut keterangan Afdol Latif, saksi, bersama teman-temannya berencana melakukan aksi tawuran. Yakni antara kelompok saksi dan kelompok lawan yang sudah saling melakukan tantangan tawuran melalui media sosial.

Kemudian, saksi dan korban berencana kembali ke basecamp atau tempat nongkrong. Namun, di perjalanan pulang, kelompok lawan sudah menghadang di TKP yakni di Jalan Dukuh Krajan, Desa Plantaran, Kecamatan Kaliwungu Selatan Minggu (14/8) sekitar pukul 04.00. Kemudian, terjadilah tawuran antara saksi, korban, dan kelompok lawan.

“Saksi dan korban ini kurang jumlah saat tawuran. Kelompok lawan lebih banyak. Saat perkelahian, korban terkena sabetan di kepala dan senjata tajam di punggung. Kemudian si korban ini pingsan,” terangnya.

Baca juga:  Beli Ganja Secara Online, Diedarkan di Lingkungan Kampus

Sementara ini, polisi masih mengejar pelaku lainnya yang ke beberapa daerah. Karena kelompok tersebut merupakan gabungan pemuda dari beberapa daerah.

“Kami masih kejar pelaku lainnya. Karena kelompok atau gangster ini anggotanya dari beberapa daerah,” beber Kapolres Kendal.

Hingga kini, pihak kepolisian terus melakukan pendalaman motif tersangka yang mengakibatkan korban meninggal dunia. “Sementara dua orang lainnya yang dibebaskan tetap menjalani wajib lapor,” tegasnya. Dari kejadian ini, tersangka dijerat pasal 170 ayat 2 ke 3e KUHPidana. (dev/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya