Genjot Infrastruktur, Pemkab Kendal Gelontorkan Rp 130 Miliar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Pemkab menggelontorkan anggaran Rp 130 miliar untuk infrastruktur di Kendal. Targetnya, pembangunan dan perbaikan infrastruktur bisa rampung 100 persen tahun 2023.

Bupati Kendal Dico M. Ganinduto mengatakan, dana untuk infrastruktur dari diperoleh dari Dana Alokasi Khusus (DAK), APBD, serta anggaran perubahan. Saat ini, pembangunan dan perbaikan infrastruktur di Kabupaten Kendal sudah mencapai 90 persen. “Targetnya pembangunan infrastruktur sudah mencapai 100 persen tahun 2-23,” katanya.

Tahun ini alokasi yang dianggarkan untuk infrastruktur Rp 80 miliar. Sementara di perubahan ditambah Rp 50 miliar. “Totalnya ada Rp 130 miliar,” tambahnya.

Salah satu prioritas Pemkab Kendal dalam infrastruktur yakni pembangunan jembatan. Salah satunya jembatan Kali Bulanan di Desa Weleri, Kecamatan Weleri. Jembatan itu merupakan akses penting dan strategis bagi masyarakat dan dibangun sejak 1990.

Baca juga:  Bangun Mental Pemuda Desa

Jembatan terkikis banjir sehingga membuat ruas jembatan ambles. “Untuk anggaran jembatan Rp 8,9 miliar,” tambahnya. “Pembangunan jembatan ini upaya kami meningkatkan infrastruktur di kawasan strategis dan memperlancar roda ekonomi masyarakat,” tambahnya.

Kabid Bina Marga dan PUPR Kabupaten Kendal Ragil Hidayat menambahkan, saat ini sudah proses pemasangan tiang pancang. Nantinya, jembatan menggunakan rangka baja dengan panjang 50 meter. Lebar jembatan 7 meter dari sebelumnya 6 meter.

“Targetnya pembangunan jembatan rampung pertengahan Desember mendatang. Bahkan, jembatan bisa dilewati mobil atau truk dengan beban hingga 70 ton,” tambahnya. (dev/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya