alexametrics

Pesta Laut Jadi Daya Tarik Wisatawan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KENDAL – Sebanyak 1.300 nelayan Gempolsewu, Rowosari, Kendal menggelar pesta laut 2022 di TPI Tawang Jumat (12/8). Mereka melarung kepala sapi dan sesaji ke tengah laut bersama ratusan perahu.

Kepala Desa Gempolsewu Carmadi mengatakan, pesta laut sudah menjadi agenda turun temurun di bulan Suro. Saat pandemi, pesta laut tetap dilaksanakan meski tidak ada pasar rakyat. Ini sebagai wujud syukur nelayan terhadap hasil tangkapan kepada Tuhan. “Tahun ini pesta lautnya disertai ada pasar rakyat. Alhamdulillah kenaikan pendapatannya mencapai 300 persen dibanding tahun kemarin,” katanya.

Carmadi berharap, pesta laut Tawang bisa diakomodir Pemkab. Dengan begitu, bisa menjadi agenda rutin sekaligus daya tarik wisata. “Pengunjung membludak. Karena pesta laut ini berlangsung lima hari dan diramaikan UMKM,” ujarnya.

Baca juga:  Hilal Tak Terlihat di Pelabuhan Kendal

Pj Sekda Kabupaten Kendal Sugiono mengatakan, ada tujuh titik wilayah pesisir Kendal yang melaksanakan sedekah laut atau larung sesaji. Di antaranya Desa Gempolsewu, Sendang Sikucing, Bandengan, Karangsari, Pidodo Kulon, Tanggul Malang, dan Mbirusari. Pihaknya menekankan, perayaan pesta laut ini sebagai wujud syukur kepada Allah SWT. Serta pemacu semangat para nelayan dalam mencari rezeki. “Saya harap nelayan bisa menjaga lingkungan di sini. Jangan sampai menangkap ikan pakai alat yang bisa merusak kehidupan laut,” tambahnya.(dev/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya