alexametrics

Jembatan Kali Bulanan Digelontor Rp 9 M

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Pembangunan jembatan Kali Bulanan di Kecamatan Weleri mulai dikerjakan. Anggaran untuk pembangunan dialokasikan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022 sebesar Rp 9 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Kendal Sugiono mengatakan, pengerjaan jembatan sudah dimulai. Dengan pemasangan tiang pancang. Rencananya akan selesai pada pertengahan Desember. “Sebelumnya pakai gelagar beton, sekarang diganti dengan rangka baja wagner,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang Kamis (11/8).

Sugiono menambahkan, panjang bentang jembatan akan ditambah. Sebelumnya hanya 40 meter dan akan dijadikan 50 meter. Selain itu, tingginya juga akan dinaikkan sekitar 1 meter. Tipe jembatannya itu kelas B dengan lebar tujuh meter. Jadi jembatan itu bisa dilewati mobil besar dengan berat hingga 70 ton. “Tinggi jembatan sengaja ditambah untuk antisipasi kalau banjir. Jadi nanti Insyaallah aman dan bisa bertahan lama,” ujarnya.

Baca juga:  Penumpang Kapal Wajib Swab Antigen dan PCR

Anik Winda, warga Weleri mengaku setiap hari melewati jembatan Kali Bulanan untuk berangkat dan pulang kerja. Karena dibangun sekarang harus melewati jalan raya Jenarsari. Ia berharap, pembangunan jembatan mempermudah aksesnya dalam beraktivitas.

“Jembatan itu memang sudah terkikis banjir dan hampir ambrol. Ya saya sebagai pengguna jembatan itu ya seneng kalau diperbaiki. Meski sekarang harus muter dulu kalau berangkat kerja,” tambahnya.

Pembangunan jembatan Kali Bulanan membuat akses jalan menuju RSI Kendal dari arah selatan melalui pertigaan Kendayaan dan akses jalan melalui simpang tiga Jenarsari, Gemuh ditutup. (dev/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya