Jaga Tradisi, Ratusan Warga Mbirusari Ramaikan Sedekah Laut

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Ratusan perahu di perairan laut Mbirusari, Kelurahan Kalibuntu, Kecamatan Kendal meramaikan tradisi sedekah laut Rabu (10/8/2022) pagi.

Prosesi sedekah laut di Mbirusari, diawali dengan ziarah Makam Mbah Wali Menot. Para pemuda dan warga setempat membawa miniatur perahu dan tempat sesaji berisi kepala kambing dan sajen lainnya ke makam.

Kemudian miniatur perahu dan sesaji diiring oleh perahu lainnya lalu dilarung ditengah laut. Prosesi ini sebagai wujud syukur warga terhadap hasil laut dan hasil bumi yang dilimpahkan Sang Pencipta.

“Tradisi ini rutin kami laksanakan setiap tahun pada bulan Muharram. Selamatan sedekah laut itu wujud syukur kami kepada Allah SWT. Kami para nelayan berharap semoga selaku diberi keselamatan dan rezeki yang melimpah,” ungkap Muhtarim, salah satu warga di Mbirusari Rabu (10/8/2022).

Baca juga:  Sekda Sebut APBD Kendal Rapuh, Ini Penyebabnya

Tak hanya orang tua dan pemuda, sedekah laut ini juga diikuti anak-anak dan balita. Mereka berbondong-bondong naik ke perahu untuk mengikuti prosesi larung sesajen. Setelah sajen dilarung, warga berebut jajanan dan minuman yang digantung di atap perahu. Kemudian mereka makan bersama di atas perahu di tengah laut.

Camat Kendal Asiati Rosyada menerangkan, kegiatan sedekah laut ini tidak hanya diikuti oleh warga Mbirusari, Kelurahan Kalibuntu, Kecamatan Kendal saja. Melainkan, banyak warga dari Desa Wonosari dan Margosari, Kecamatan Patebon, serta Desa Korowelang, Kecamatan Cepiring yang ikut meramaikan. Pihaknya berkolaborasi untuk nguri-uri sejarah dan budaya sedekah laut. Setidaknya ada 250 kapal yang bersandar di perairan Kalibuntu.

Baca juga:  Eks Personel Trio Macan yang Kecelakaan di Tol Ungaran Akhirnya Meninggal

“Semoga hasil tangkapan ikan para nelayan semakin melimpah dan warga mendapat keberkahan dari sedekah laut ini,” harapnya.

Sementara itu, Pj Sekda Kabupaten Kendal Sugiono mengatakan, melalui tradisi ini digarapkan para nelayan di Kampung Mbirusari semakin makmur dan sejahtera. Pemkab Kendal juga berupaya meningkatkan insfrastruktur dan fasilitas di wilayah Mbirusari.

“Kami berupaya untuk melengkapi infrastruktur dan fasilitas SPBN nelayan di sini. Supaya kebutuhan para nelayan itu mudah terpenuhi,” tandasnya. (dev/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya