alexametrics

Gambarkan Kesuburan Kendal Lewat Busana

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Candraningtyas Islamintari, 22, desainer asal Boja, Kendal yang berhasil l menyabet juara 2 Lomba Rancangan Busana Kabupaten/Kota se Jawa Tengah. Dengan karya desainnya Petrichor. Istilah yang sering dipakai orang Yunani untuk menggambarkan harum tanah yang timbul setelah hujan.

Desain busana miliknya memiliki makna kesuburan dan kesejahteraan pada tanah Kendal.  Hujan sering dikaitkan dengan hal-hal sendu dan bencana. Namun hujan telah memberikan banyak hal baik setelahnya. “Seperti halnya tanah Kendal, hujan telah menghidupkan hutan Kendal dan satwa liar yg ada di dalamnya,” kata Candraningtyas

Ia menambahkan karyanya menggunakan kain tenun lurik hujan gerimis. Selain itu, menggunakan kain tile biru yang menggambarkan air terjun, serta jeans yang dipotong tidak beraturan. Sebagai gambaran genangan genangan air dan pantai. “Saya mencoba mengangkat daerah melalui design baju. Karena Kendal itu kental sekali dengan air terjun juga pantai,” ujarnya.

Baca juga:  Terkendala Anggaran, Perbaikan SD Berjalan Lambat

Petrichor karya Candra berhasil mengalahkan 18 finalis lainnya. Meski begitu, kemampuannya di bidang fashion designer belum mendapat dukungan penuh dari Pemkab Kendal. Ia berharap, ada perhatian untuk karyanya. “Alhamdulillah, dapat juara dua. Saya akan berusaha lebih baik lagi di kompetisi berikutnya,” tambahnya.

Kepala Desa Trisobo Sugiyo Hadi Prayitno mengatakan, karya Chandra ini sering dilirik perangkat Desa Trisobo. Dia merasa bangga, salah satu warganya bisa mengharumkan Kabupaten Kendal melalui design fashion. “Kami dari pihak desa memberi suport penuh kepada Candra. Dengan memesan busana langsung,” ujarnya. (dev/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya