alexametrics

Kendal Terima 700 Vaksin PMK

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Pemkab Kendal hanya mendapatkan jatah 700 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK). Vaksin dari Pemprov Jateng langsung mulai didistribusikan untuk hewan ternak di wilayah Kecamatan Sukorejo, Rabu (29/6).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kendal Pandu Rapriat Rogodjati mengatakan, vaksin diprioritaskan untuk hewan ternak yang sehat di pusat pembibitan dan sapi perah Sukorejo. Penyuntikan tahap pertama diberikan untuk 300 dosis ke wilayah Sukorejo. “Kami hanya mendapatkan jatah 700 dosis vaksin PMK dan langsung didistribusikan,” katanya.

Ia menambahkan, vaksinasi ini merupakan tahap vaksin darurat. Sekaligus memastikan kesehatan hewan ternak menjelang Hari Raya Idul Adha. Selanjutnya akan dilakukan vaksinasi massal. Selain itu, pemilihan target vaksinasi juga sudah melalui kajian. “Untuk sapi perah menjadi prioritas, karena PMK berpengaruh pada produksi susu. Selanjutnya sapi potong, sapi lokal atau peranakan ongole,” ujarnya.

Baca juga:  Tampil Trengginas, Persibat Libas Persipur

Tiga pasar hewan di Kendal masih ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan. Masyarakat diminta berkoordinasi dan konsultasi dengan DPP Kendal sebelum membeli hewan kurban. “Saya harap masyarakat hati-hati dalam membeli hewan kurban,” tambahnya. (dev/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya