alexametrics

PMK Terus Meningkat, Kendal Butuh 20.000 Dosis Vaksin

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Pemerintah Kabupaten Kendal meminta kuota minimal 20.000 dosis vaksin untuk penanganan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang semakin meningkat.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kendal Pandu Rapriat Rogodjati mengatakan, per Kamis (23/6) ada 664 kasus positif PMK yang tersebar di sembilan kecamatan dan 43 desa di Kabupaten Kendal.

Kondisi itu membuat wilayah Kendal menjadi zona merah. Adapun tingkat kesembuhan hewan yang terpapar PMK di Kabupaten Kendal cukup tinggi dibandingkan daerah lain. Saat ini angka kesembuhan mencapai 300 hewan.

“Angka kematian juga sangat rendah dan hewan yang disembelih paksa karena terpapar PMK juga sangat rendah, tidak mencapai 10 ekor. Mudah-mudahan semakin menurun,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Pandu melanjutkan, saat ini masih menunggu bantuan vaksin dari pemerintah. Adapun vaksin yang dibutuhkan yakni sesuai dengan jumlah populasi yang ada. Yakni sekitar 20.000 dosis vaksin untuk sapi, kambing, domba, dan kerbau. “Kami berupaya setiap hewan itu dapat vaksin. Paling tidak 20 ribuan dosis,” bebernya.

Baca juga:  Dibunuh di Kendal, Korban Ditelanjangi dan Dibungkus Plastik Sebelum Dibuang di Grobogan

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M. Ganinduto mengatakan, pasar hewan di Kabupaten Kendal masih tutup sampai waktu yang belum ditentukan. Itu dilakukan sebagai antisipasi terhadap penyebaran PMK. Pihaknya juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Dico memastikan, hewan ternak yang terpapar PMK masih aman dikonsumsi. Tetapi bagian tertentu seperti kuku, kepala, dan saluran pencernaan tidak boleh dikonsumsi.”Sementara ini masih menunggu bantuan vaksin dan obat-obatan dari pemerintah pusat dan provinsi,” katanya.

Dico meminta, supaya para tokoh dan OPD terkait bisa melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait tata cara penyembelihan hewan kurban. Pihaknya juga ingin agar penyembelihan hewan tidak dalam satu tempat.”Setidaknya harus menyediakan tiga tempat. Saya harap kasus PMK ini bisa segera terselesaikan,” harapnya. (dev/bas)

Baca juga:  Angka Kriminalitas di Kendal Meningkat, Setahun 280 Kasus

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya