alexametrics

Kuota Kursi SMP di Kendal 14.048 Siswa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Sebanyak 83 SMP Negeri dan swasta di Kendal sudah melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online. Kuota untuk SMP mencapai 14.048 siswa. PPDB online dimulai Senin (20/6) hingga Jumat (24/6) pukul 13.00 WIB.

“Hingga Selasa (21/6) tercatat 9.058 calon siswa SMP mengakses PPDB online,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kendal Wahyu Yusuf Akhmadi.

Ia menambahkan, PPDB SMP online diikuti 50 sekolah Negeri dan 37 sekolah swasta. Tahapannya pendaftaran, verifikasi, serta validasi dari petugas sekolah dan tim sekolah. Daya tampung atau kuota siswa disesuaikan 4 jalur pendaftaran. Yaitu 50 persen siswa jalur zonasi, 30 persen jalur prestasi, 15 persen jalur afirmasi, dan 5 persen jalur perpindahan tugas orangtua/ wali.

Baca juga:  Cegah Bullying, Kuatkan Sekolah Humanis

“Nah, empat jalur yang ada itu bisa disaksikan  dimonitor oleh pendaftar secara online. Hingga nanti secara harian, masing-masing peserta didik maupun orang tua wali bisa memonitor kondisi ketersediaan kuota di satuan pendidikan sesuai jalur-jalur yang ada,” terangnya saat ditemui Jawa Pos Radar Semarang Rabu (22/6).

Untuk jalur zonasi tahun ini tidak dipengaruhi jarak. Tetapi titik koordinat. Yakni garis lurus dari sekolah ke domisili peserta didik. Sehingga peserta didik yang akan mendaftar tidak terbatasi oleh lingkup desa atau jarak.

Selama PPDB online ini berlangsung belum ada kendala atau gangguan server. Tim Disdikbud Kendal juga melakukan pemantauan dan pengawasan ke masing-masing satuan pendidikan. “Alhamdulillah selama ini tidak ada kendala dan server berjalan lancar,” tambahnya. (dev/fth)

Baca juga:  Bupati Kendal Ingatkan Dinsos agar Penyaluran Bantuan Tepat Sasaran

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya