alexametrics

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Siswa SMP N 4 Cepiring Tanam Pohon

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia, siswa SMP Negeri 4 Cepiring melakukan tanam pohon. Itu dilakukan juga untuk mendukung sekolah adiwiyata sesuai kurikulum pendidikan.

Kepala SMP Negeri 4 Cepiring Sutrisno mengatakan, program adiwiyata ini masuk ke dalam kurikulum di sekolahnya. Pihaknya berharap melalui hari Lingkungan Hidup ini siswa-siswi bisa semakin cinta terhadap lingkungan.

Sebelumnya, siswa-siswi SMP N 4 Cepiring telah melakukan kampanye hemat air dan hemat energi. Mereka juga membuat pupuk kompos, minuman jamu telang, hingga membuat pakaian daur ulang dari sampah.

“Dan hari ini puncaknya. Kita melakukan tanam pohon di pinggir jalan menuju sekolah. Ini saah satu implementasi kita sebagai sekolah adiwiyata,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang Kamis (16/7).

Baca juga:  Pemkab Kendal Kebut Pembanungan Jalan

Lebih lanjut Sutrisno mengatakan, penanaman pohon dilakukan di lingkungan sekolahan. Pihaknya juga turut menggandeng masyarakat dalam pemeliharaannya.

“Kita berkolaborasi dengan masyarakat sekitar. Karena alam ini tanggung jawab kita bersama. Jadi tidak hanya sekolah saja,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbu) Kabupaten Kendal Wahyu Yusuf Akhmadi mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini menjadi salah satu value dari satuan pendidikan kepada siswa-siswi. Yakni dengan menjaga dan melestarikan lingkungan.

“Ini tidak terbatas hari ini saja. Karena menjaga kelestarian itu harus dilakukan sejak dini. Nantinya kita juga akan menyasar jenjang SD dan PAUD juga,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kendal Aris Irwanto turut mendukung program adiwiyata di satuan pendidikan. Salah satunya SMP N 4 Cepiring yang terus melakukan penghijauan di lingkungannya.

Baca juga:  Mirna Minta Warga Aktif Awasi Sensus

Pihaknya berharap, adanya kolaborasi berkelanjutan dari pihak sekolah, pemerintah desa, dan masyarakat dalam menjaga kelestarian alam di lingkungan SMP N 4 Cepiring.

“Harapannya kegiatan ini ada kolaborasi berkelanjutan dengan pemerintah desa juga masyarakat. Sehingga alam terus lestari,” tandasnya. (dev/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya