alexametrics

Cuaca Ekstrem di Kendal, Puluhan Rumah Rusak, Pohon Tumbang, Tower Radio Roboh

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Hujan deras disertai angin kencang melanda Kabupaten Kendal Minggu (5/6). Cuaca ekstrem tersebut membuat sejumlah pohon tumbang, puluhan rumah di Karangsari-Kendal rusak. Bahkan tower Radio Swara Kendal milik Pemkab Kendal roboh.

Lokasi pohon tumbang di antaranya di jalan pantura, kemudian di depan kantor Samsat Kendal, jalan raya depan Gereja Santo Antonius, di jalan raya Ketapang, serta di halaman kantor Satpol PP dan Damkar. Bahkan pohon tumbang menimpa mobil warga dan mobil dinas pemadam kebakaran.

“Mobil itu sudah lama tidak digunakan. Itu mobil damkar pertama. Awalnya seperti ada asap putih lalu tiba-tiba pohon tumbang menimpa kepala mobil damkar,” jelas Kabid Damkar Kendal Singgih.

Baca juga:  Antisipasi Lapak Liar, Kepala Pasar Harus Tegas
Sejumlah pohon tumbang di beberapa titik setelah diterpa hujan disertai angin kencang pada Minggu (5/6). (DEVI KHOFIFATUR RIZQI/ JAWA POS RADAR SEMARANG)

Sedangkan di Kelurahan Karangsari Kecamatan Kendal, beberapa rumah di wilayah RT 04, RW 01 dan RT 06, RW 03, rusak. “Kebanyakan yang rusak bagian atap rumah. Porak poranda. Bahkan ada satu warung yang terbang berpindah sejauh 10 meter, itu milik Zarwani,” ujar Gatot Lurah Karangsari Gatot Tunggul Wulung.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Pihaknya mengajak warga bergotong-royong melakukan evakuasi puing-puing genteng serta seng.

Sementara itu, terkait tower radio yang roboh, Sekretaris Diskominfo Kendal Dwi Cahyo langsung menerjunkan tim untuk memastikan tidak ada hal yang membahayakan dari kejadian tersebut.

Pemancar radio itu roboh dan mengenai kabel listrik. Sehingga untuk perbaikannya listrik di beberapa wilayah Kendal harus dipadamkan.

Baca juga:  Tak Berizin, Dua Jembatan Timbang Disegel

Pemancar setinggi 60 meter itu mengenai bagian depan studio radio. Karena kondisinya parah, dipastikan pemancar tidak bisa digunakan.

“Pemancar dipastikan tidak bisa digunakan, namun saya akan memastikan jika tanpa pemancar apakah masih bisa mengudara,” terangnya. (dev/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya