alexametrics

Kasus Melonjak, 161 Hewan Ternak di Kendal Terpapar PMK

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal –  Sebanyak 161 hewan ternak di Kendal terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK). Jumlah ini mengalami peningkatan cukup drastis dalam sepekan terakhir. Sebelumnya, petugas hanya menemukan 40 hewan ternak yang terinfeksi PMK.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kendal Rapriat Rogodjati lonjakan kasus cukup tinggi. 27 Mei, tercatat baru ada 31 sapi dan 9 kerbau positif PMK. Tapi Selasa, (31/5) sudah naik menjadi 161 kasus. Dengan rincian 152 ekor sapi dan 9 kerbau positif PMK.  “Untuk penyebaranya ada di 11 kecamatan,” ujarnya.

Ia menambahkan, meluasnya kasus PMK karena para blantik dan pengepul masih aktif mendatangkan sapi dari luar daerah. Sedangkan pusat penyebarannya terjadi di pusat penjualan hewan. “Justru penularan itu kebanyakan dari pedagang yang mendatangkan sapi dari luar Kendal,” katanya.

Baca juga:  Tanam 2.200 Bibit Alpukat di Lereng Gunung Prau

Pandu meminta pedagang dan blantik sementara tidak mendatangkan sapi dari luar daerah. Setidaknya selama dua pekan ke depan. “Pemilik sapi bisa melakukan penyembuhan secara mandiri, dengan memberikan obat, vitamin, dan ramuan herbal untuk menjaga imunitas tubuh hewan hewan ternak sapi,” tambahnya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto meminta kepada pedagang hewan dan blantik agar selalu menjaga kebersihan. Selain itu petugas DPP diminta meningkatkan testing dan tracing. Pengawasan terhadap hewan sapi dari luar juga harus diperketat dan pemeriksaan lebih teliti. “Kita tetap waspada, dan testing dan tracingnya ditingkatkan,” tambahnya. (dev/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya