alexametrics

Kendaraan Pelat Merah Tunggak Pajak Rp 142 Juta

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Sejumlah kendaraan pelat merah di Kendal menunggak pajak. Jumlahnya mencapai Rp 142 juta. tunggakan terjadi akibat banyak kendaraan sudah rusak dan tidak bertuan.

Kepala Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Kabupaten Kendal Retno Panca Indah mengatakan tunggakan pajak karena kendaraan pelat merah tidak bertuan serta rusak. Selain itu, pihak terkait tidak melaporkan kepada UPPD. “Jadi tunggakannya jalan terus,” katanya.

Pandemi sejak 2020 juga membuat penerimaan PAD dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) menurun. Pendapatan bahkan tidak memenuhi target. Dari target PKB tahun 2020 sebesar Rp 109 miliar terealisasi Rp 105 miliar. Untuk BBNKB dari target 87 miliar hanya Rp 62 miliar. Kemudian tahun 2021 target PKB Rp 120 miliar hanya mencapai Rp 108 miliar dan BBNKB dari target Rp 88 miliar hanya terealisasi Rp 77 miliar. “Sampai 29 Mei PKB dengan target Rp 143 miliar baru mencapai 44 miliar. Sedangkan BBNKB dari target Rp 94 miliar terealisasi Rp 35 miliar,” ujarnya.

Baca juga:  Nenek 70 Tahun di Cepiring Tewas dengan Luka Tusuk dan Bacokan

Bupati Kendal Dico M. Ganinduto meminta masyarakat sadar membayar pajak. Itu karena menjadi salah satu sumber pendapatan daerah. Hasil pajak nanti akan kembali ke masyarakat, berupa pembangunan. Karena pembangunan infrastruktur di Kendal belum seratus persen. “Dengan pajak sesuai target, pembangunan bisa berjalan secara maksimal,” tambahnya. (dev/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya