alexametrics

Korban Banjir Rob Karangsari Kendal Mulai Terserang Penyakit

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Puskesmas Kendal 2 memberikan pelayanan pengobatan gratis bagi korban banjir rob di Kelurahan Karangsari Jumat (27/4). Pelayanan dipusatkan di TPQ Al Irsyad. Petugas juga jemput bola terhadap lansia.

Sudah satu minggu air rob menggenangi wilayah RW 5 di Kelurahan Karangsari. Itu membuat banyak warga di sana terkena gatal-gatal, pusing, pegal-pegal, sakit mata merah, serta kutu air di kaki (rangen).

Para petugas medis dari Puskesmas harus menggunakan sepatu bot untuk mengecek dan memberi layanan kesehatan. Lantaran kondisi jalan masih tergenang air. Warga juga tetap bertahan di rumah masing-masing sejak air rob merendam tempat tinggal mereka sejak Senin (23/5) lalu.

“Banyak warga yang gatel di kaki, terus ngeluh pegel-pegel karena ngepel dan bersih-bersih setiap hari,” kata Kepala Tata Usaha Puskesmas Kendal 1 Nur Khuroeriyah kepada Jawa Pos Radar Semarang Jumat (27/5).

Baca juga:  Aplikasi Kendal Siaga Bantu Disiplin Prokes

Khuroeriyah melanjutkan, pelayanan pengobatan gratis ini akan berlangsung tergantung kondisi rob. Selain itu, petugas juga menyiapkan obat-obatan seperti antibodi, salep, antibiotik, obat batuk, serta obat mata.

“Posko kesehatan sementara dijadwal hari ini. Nantinya kita lihat keadaan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warga terdampak rob lagi,” bebernya.

Sujinah, 52 tahun, warga terdampak rob mengaku, mulai terkena kutu air di kaki. Dia juga tidak bisa mengikuti pelayanan kesehatan yang dipusatkan di TPQ. Alhasil petugas mendatangi kediaman Sujinah yang masih terendam air.

“Ini saya baru operasi jadi gak bisa datang ke pusat layanan. Yang saya rasakan akibat rob ini ya gatel-gatel di kaki. Sela jari kaki itu berair dan hawanya dingin karena lantai rumah banyak air,” keluhnya.

Baca juga:  Perolehan Zakat Ditarget Rp 13 M

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Bahari Karangsari Imam Purwanto mengatakan, adanya pelayanan kesehatan ini karena banyaknya keluhan warga yang merasakan gatal-gatal. Pelayanan ini untuk warga RT 01 hingga RT 09 RW 05.

“Kita banyak mendapat keluhan warga. Jadi kami inisiatif melaporkan ke Pak Lurah dan diteruskan ke Puskesmas. Alhamdulillah banyak warga yang merasakan manfaat pelayanan kesehatan gratis ini,” tandasnya. (dev/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya