alexametrics

Muhammadiyah Lebur Dua Perguruan Tinggi Jadi Umkaba

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KendalMuhammadiyah resmi mendirikan Universitas Muhammadiyah Kendal-Batang (Umkaba). Universitas ini sebenarnya merupakan peleburan dari dua Perguruan Tinggi (PT) di muhammdiyah.

Yakni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Kendal dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Batang. Dua PT tersebut dilebur menjadi Umkaba.

Universitas Muhammadiyah Kendal Batang (Umkaba) telah resmi berdiri yang ditandai dengan diterimanya SK penggabungan Stikes Muhammadiyah Kendal dan STKIP Batang. Penyerahan SK dilakukan di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Jumat (22/4/2022).

Ketua Tim Penggabungan dua perguruan tinggi, Utomo mengatakan, penggabungan dua perguruan tinggi di Kendal dan Batang ini merupakan salah satu upaya efekrif dan efisiensi. “Sehingga saling menguatkan dan harapannya bisa tumbuh besar,” katanya.

Baca juga:  Wadahi Pecinta Merpati Balap, Berantas Perjudian

Sebab ia yakin, dengan dileburnya  dua PT menjadi Umkaba ini, bisa memberikan pelayanan pendidikan lebih baik kepada masyarakat. “Selain bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,” paparnya,

Ada 10 program studi (prodi) di Umkaba. Yakni program S1 Keperawatan, Profesi Ners, Gizi, PGSD, Pendidikan Bahasa Inggris dan D3 Keperawatan. Selain itu ada empat prodi baru, Yakni S1 Manajemen, Akuntansi, Hukum dan Informatika.

Kampus utama Umkab menempati kampus lama Stikes Muhammadiyah Kendal. “Saat ini  kami sedang proses pembangunan kampus baru,” tuturrnya.

Tapi secara  resmi, Umkaba menurutnya sudah bisa beroperasi atau menerima mahasiswa baru. Yakni ditandai dengan penerimaan SK pendirian Umkaba.

Umkaba diakuinya juga untuk menjawab tantangan dengan hadirnya dua kawasan industri besar. Yakni Kawasan Industri Kendal (KIK) dan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).  “Dua industri ini harus direspon dengan menyiapkan SDM yang berkualitas,” tambahnya.

Baca juga:  Nekat Sebrangi Sungai saat Hujan Deras, Petani Plososari Meninggal Dunia

Majelis Dikti Litbang Muhammadiyah, Mohammad Adam Jerusalem mengatakan, berdirinya Umkaba diharapkan bisa menjadi kekuatan bagi PT di Kendal dan Batang untuk memajukan dan mencerdaskan bangsa.

“Kedepan semoga ini menjadi kekuatan baru perguruan tinggi Muhammadiyah di Kendal dan Batang, sehingga bisa mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya di Kendal dan Batang,” paparnya.

Terkait dengan empat prodi baru, per September mendatang sudah mulai beroperasi. Sehingga sekarang sudah bisa membuka pendaftaran mahasiswa baru. Penyerahan SK Umkaba dilakukan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VI Kemendikbud RI kepada PD Muhammadiyah Kendal dan Batang. (bud/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya