alexametrics

Bubarkan Tawuran, Amankan Samurai dan Miras

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Sebanyak 200 ABG di Desa Karanganom, Weleri, Kendal terlibat aksi tawuran sarung Minggu (17/4) dini hari. Beruntung, aksi tersebut berhasil dibubarkan petugas gabungan yang menggelar patroli. Petugas berhasil mengamankan dua samurai dan minuman keras atau miras.

Ratusan ABG sudah siap-siap menggelar aksi tawuran sarung. Mendapati keramaian tersebut petugas langsung bergerak cepat. Melihat kedatangan petugas, ratusan anak bau kencur langsung lari tunggang langgang. Satu pemuda berhasil diamankan. Pelaku terlihat sempoyongan dan tercium bau alkohol dari mulutnya.

“Beruntung petugas bergerak cepat, sehingga tidak sempat terjadi aksi kekerasan. Karena kebanyakan pelaku menenggak miras,” kata Kapolres Kendal, AKBP Yuniar Ariefianto.

Patroli tim gabungan melibatkan 75 anggota dari Polres Kendal, Kodim Kendal, Satpalkar dan Dishub Kendal. Sebelum menggelar patroli, tim terlebih dahulu dibagi menjadi dua kelompok. Adapun tim 1 menggelar patroli ke arah Timur. Dari Polsek Kendal Kota tim menuju ke Pelabuhan Kendal lalu ke Kaliwungu, Gladak, Srogo, Ngampel, Pegandon, Patebon dan kembali ke Polsek Kendal Kota. “Patroli untuk meminimalisir aksi gengster dan tindak kejahatan lainnya,” ujarnya.

Baca juga:  Tantang Tawuran, Begini Fakta tentang Gengster All Star

Tim 1 berpatroli dan mendapati kondisi terpantau kondusif. Tim ini hanya membubarkan sejumlah anak muda yang kedapatan nongkrong di pinggir jalan. Sementara tim 2 mendapati segerombolan pemuda sedang sempoyongan di depan rumah kos di Jalan Tentara Pelajar.

Sebagian pemuda melarikan berhasil diamankan dan didata. Saat digeledah dari dalam rumah kos, ditemukan minuman keras dalam kardus yang diduga sengaja diperjual belikan. “Kami juga menemukan senjata tajam jenis samurai. Barang-barang itu diamankan petugas dan tim kembali melanjutkan perjalanan melalui jalur Pantura,” tambahnya.

Patroli dilanjutkan menyusuri Jalan Pantura hingga ke Perbatasan Kendal-Batang. Di Desa Payung tim mendapati sejumlah pasangan muda-mudi yang menggelar acara ulang tahun dengan menenggak miras. Petugas memberikan arahan dan pembinaan hingga menyuruh mereka membubarkan diri. Di lokasi ini, ditemukan 10 miras jenis ciu yang dikemas menggunakan puluhan botol air mineral dan satu senjata tajam jenis samurai.

Baca juga:  Ibunda Ungkap Percakapan Terakhir dengan Serka Ari Baskoro Sebelum Gugur di Papua

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kendal Suharjo mengatakan, pihaknya sengaja mempelopori digelarnya patroli gabungan untuk menciptakan kondisi kondusif menjelang lebaran dan Paskah. “Dengan kondisi kondusif, kami berharap masyarakat bisa lebih tenang dan khusuk lagi beribadah di bulan Ramadan,” tambahnya. (dev/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya