alexametrics

Bawaslu Kendal Gagas Jurnalis Pengawas Pemilu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Sebagai persiapan pemilu 2024 nanti, terobosan baru dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kendal. Kali ini, Bawaslu menggagas terbentuknya jurnalis pengawas pemilu.

Gagasan adanya jurnalis pengawas pemilu untuk membantu pengawasan jalannya prosesn pemilihan umum. Adapun langkah yang dilakukan Bawaslu Kendal yakni memberikan pelatihan menulis bagi para stafnya untuk menjadi jurnalis yang kompeten.

Melalui pelatihan itu, diharapkan bisa menambah pengetahuan dan keterampilan staf Bawaslu dalam membuat laporan pengawasan.

“Kami harap ke depannya bisa muncul genre baru dalam dunia jurnalistik. Yaitu jurnalisme pengawasan pemilu. Itu untuk mendukung pemilu yang lebih adil dan transparan,” ujar Kordiv Hukum, Humas, dan Datin Bawaslu Kendal Arief Musthofifin.

Baca juga:  Peringati Hari Lingkungan Hidup, Siswa SMP N 4 Cepiring Tanam Pohon

Arief melanjutkan, jurnalisme pengawasan pemilu ini tidak hanya sebatas aktivitas jurnalistik dalam mengawasi saja. Namun, juga melakukan pengawasan terhadap seluruh aspek ke-pemilu-an. Yakni berfokus pada oengawasan sejak awal tahapan hingga akhir tahapan pemilu.

“Termasuk mengawasi aktivitas di luar tahapan yang berkait dengan proses pemilu,” jelasnya.

Selain itu, jurnalisme pengawas pemilu ini juga akan menggandeng mahasiswa, pelajar, dan komunitas lain di lingkungan Kabupaten Kendal. Ini dilakukan, supaya proses pengawasan pemilu lebih kuat dan terpublikasi dengan maksimal. (dev/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya