alexametrics

Bangkitkan Ekonomi Pelaku UMKM

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Pemkab Kendal terus berupaya untuk menggeliatkan perekonomian sektor UMKM. Salah satunya dengan menggelar pasar UMKM serta safari Ramadan di tujuh titik di Kendal.

Yakni di Kecamatan Kaliwungu Selatan, Boja, Plantungan, Weleri, Cepiring, Patebon, dan Pendopo Tumenggung Bahurekso. “Kami melibatkan pelaku UMKM, agar geliat ekonomi kembali bangkit,” kata Bupati Kendal Dico M. Ganinduto saat mengikuti Safari Ramadan di Masjid Protomulyo, Kaliwungu Selatan.

Dico menambahkan, safari Ramadan juga sekaligus sarana untuk penyaluran bantuan Baznaz Kendal kepada anak yatim dan para mustahiq. Bantuan dalam bentuk permodalan, rehab rumah tinggal, dan tambahan penghasilan kepada guru ngaji dan takmir masjid.

Kepala Desa Protomulyo Jumatni mengatakan, program safari Ramadan di Kecamatan Kaliwungu Selatan melibatkan 15 pelaku UMKM. Langkah ini sekaligus sebagai upaya membantu pelaku UMKM bangkit setelah terdampak pandemi. “Setidaknya mereka punya kesempatan dan wadah untuk memasarkan produk unggulannya,” ujarnya.

Baca juga:  Mengenal Weh-wehan, Tradisi Warga Kaliwungu Menyambut Maulid Nabi

Jumarno menambahkan, produk dipasarkan kain batik, jajanan khas, dan beberapa aneka olahan makanan dan minuman. Ke depan pemerintah daerah bisa mendukung upayanya untuk memajukan destinasi wisata religi di wilayah Protomulyo.

“Di sini juga ada wisata religi Bukit Jabal, jadi nanti bisa menjadi wadah bagi para pelaku usaha Desa Protomulyo untuk meningkatkan perekonomian warga,” tambahnya. (dev/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya