alexametrics

90.000 Orang di Kendal Membutuhkan Pekerjaan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Bupati Kendal Dico M. Ganinduto berharap setiap desa harus memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Itu dilakukan agar bisa menciptakan lapangan kerja. Lantaran angka pengangguran di Kendal masih 9 persen atau 90.000 orang di Kendal membutuhkan pekerjaan.

Dico mengatakan, melalui BUMDes dapat memberdayakan masyarakat di desanya masing-masing. Selain itu, juga dapat membuka lapangan pekerjaan yang akan menyerap tenaga kerja bagi masyarakat.

“Yang dilakukan Pemerintah Desa Ngasinan, Weleri ini sudah sesuai dengan visi misi pemerintah Kabupaten Kendal. Saya harap, BUMDes ini bisa terus berkembang dan bisa meningkatkan PAD,” katanya saat meresmikan Resto Queen Steak yang menjadi BUMDes Berkah Lestari Desa Ngasinan, Weleri.

Baca juga:  Kasrem Makutarama TMMD Kendal Ulang Sukses

Tak hanya itu, Dico meminta kepada pemerintah desa lainnya agar memaksimalkan pengelolaan BUMDesnya masing-masing. Sehingga bisa lebih banyak menghasilkan lapangan pekerjaan.

“Saya berharap pemerintah desa kedepannya bisa melahirkan 10 wiraswasta per dusun. Dan kita siapkan program dan rencana kerja dengan baik. Agar kedepannya bisa melahirkan 10 ribu usaha dan bisa melahirkan 100 ribu lapangan pekerjaan di Kendal,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur BUMDes Berkah Lestari Desa Ngasinan Muchlis menjelaskan, unit resto yang dibuka bekerja sama dengan vendor. Resto tersebut juga kekinian dengan target pasaran para remaja. Selain itu, karyawan di resto tersebut berasal dari remaja di Desa Ngasinan.

“Ini untuk pemberdayaan masyarakat desa. Pemilihan unit usaha ini juga berdasarkan musyawarah desa. Diharapkan bisa menambah Pendapatan Asli Desa (PAD),” ujarnya.

Baca juga:  Dico Siap Bermitra dengan Jawa Pos Radar Semarang

Kepala Desa Ngasinan Moh Kuzaini mengatakan, selama lima bulan warga desa membangun ruko ini. Dia berharap unit usaha ini bisa menjadi pemasukan desa. “Semoga resto ini bisa menjadi tempat favorit masyarakat. Karena lokasinya strategis,” tandasnya. (dev/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya