alexametrics

Perluas Akses UMKM melalui Pasar Murah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Sebanyak 5.000 paket sembako murah disalurkan untuk masyarakat di wilayah Kaliwungu Selatan. Ini dilakukan untuk memperluas akses pasar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Kegiatan yang diinisiasi oleh Bara Foundation bersama Polres Kendal digelar Minggu (20/3).

Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto mengatakan, pihaknya menggandeng beberapa perusahaan untuk program CSR ini. Dia berharap, melalui pasar murah ini bisa membantu masyarakat yang sedang kesulitan membeli minyak goreng. Tak hanya itu, sebagai percepatan vaksinasi Kapolres Kendal juga mengimbau agar penerima sembako murah harus vaksin booster terlebih dahulu.

“Saat ini Polres Kendal sedang menggencarkan program vaksinasi. Adanya bazar murah dari perusahaan ini bisa sekaligus menyasar warga yang belum lengkap divaksin. Harapannya kegiatan ini bisa terus berjalan dengan didukung perusahaan lainnya,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang Minggu (20/3).

Baca juga:  Pendonor Plasma Terkendala Surat Negatif

Sementara itu, Founder Bara Foundation Rafif Muhammad Rizqullah mengatakan, pihaknya tak hanya menggelar pasar murah saja. Melainkan juga memberikan edukasi terkait platform digital kepada pelaku UKM di wilayah Kaliwungu Selatan.

“Kegiatan ini untuk membantu masyarakat Kaliwungu Selatan. Harga paket sembako yang seharusnya Rp 160 ribu, dijual kepada warga hanya Rp 100 ribu,” jelasnya di Pasar Murah Lapangan Desa Jerukgiling, Kaliwungu Selatan.

Lebih lanjut Rafif mengatakan, sebagai wadah UMKM, pihaknya akan fokus terhadap pemberdayaan masyarakat dengan mengarahkan pemanfaatan ruang digital.

Sehingga dapat melahirkan generasi wirausaha yang siap menghadapi industri 5.0 dan tercipta masyarakat yang mandiri secara ekonomi.

“Harapannya pasar murah ini bisa membangkitkan semangat masyarakat untuk mau menjadi wirausahawan dengan memanfaatkan ruang digital secara maksimal,” harapnya.

Baca juga:  Susun Masterplan Wisata Bahari

Lurah Jerukgiling Abdul Ghofur mengaku senang adanya pasar murah di desanya. Sebelumnya, pihaknya telah membagikan 5.000 kupon sembako kepada warganya. Dia juga tidak menyangka, antusiasme warga sangat tinggi dalam pasar murah ini. Adapun penerima kupon berasal dari Desa Jerukgiling, Sidomakmur, dan Kedungsuren.

“Saya berharap ini bisa berkelanjutan. Karena bermanfaat untuk warga saya. Kriteria penerima itu per KK. Semuanya sudah terdata dan dibagikan kupon beberapa hari sebelumnya. (dev/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya