alexametrics

Kendal Butuh Lima Juta Mangrove untuk Amankan Pesisir

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Abrasi sudah memakan 40 persen pesisir Kabupaten Kendal, dari total garis pantai 42,4 kilometer. Setidaknya butuh lima juta mangrove untuk mencegah gerusan air laut itu.

Pemkab Kendal pun mulai menggencarkan kembali penanaman mangrove. Utamanya di pesisir wilayah Kecamatan Kaliwungu, Brangsong, Kota Kendal, Cepiring, Kangkung, dan Rowosari.

Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto mengatakan, permasalahan di pesisir pantai Kendal ini harus segera diatasi agar tidak berdampak lebih besar. Apalagi permukaan tanah di Kendal mengalami penurunan dua hingga tiga sentimeter setiap tahun.

“Jika dibanding dengan wilayah lain, tingkat abrasi di Kabupaten Kendal ini tergolong rendah. Karena penurunan tanah sebagai dampak abrasi sekitar dua sentimeter. Dan penanaman mangrove kali ini merupakan bentuk ikhtiar kuta mencegah abrasi,” ujarnya usai melakukan penanaman 5.000 mangrove di area Pantai Wonosari, Patebon.

Baca juga:  Dibas Menang, Enam Relawan Jalan Kaki 30 Km

Dico mengatakan, tahun ini Kendal bakal menerima lima juta bibit mangrove dari pemerintah pusat. Bantuan bibit tersebut diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengurangi dampak abrasi. Selain itu, bibit-bibit mangrove juga akan ditanam berkala. Itu dilakukan untuk membentuk ekosistem mangrove.

“Nantinya, kawasan ekosistem mangrove di pesisir pantai Kendal bisa menjadi destinasi wisata baru. Ini bisa dikembangkan oleh pemerintah daerah,” bebernya.

Sementara itu, Plt Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Hudi Sambodo menjelaskan, Kabupaten Kendal memiliki kawasan mangrove seluas 183 hektare. Adapun 70 hektare di antaranya mulai rusak. Kondisi tersebut bisa berdampak pada abrasi pantai yang semakin meluas jika tidak segera diantisipasi.

“Kita sudah menanam 1,6 juta mangrove di Kendal sejak 2011. Penanaman mangrove harus terus digalakkan. Karena bisa melindungi pantai dari abrasi. Selain itu, juga bisa untuk ekowisata mangrove,” jelasnya. (dev/zal)

Baca juga:  Kebut Tanggul Bodri sebelum Musim Hujan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya