alexametrics

Anggaran Minim, 92 Kilometer Jalan di Kendal Masih Rusak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Pemkab Kendal terus melakukan percepatan pembangunan jalan. Sebab, hingga 2021 baru 88 persen dari total 770 kilometer jalan rusak yang perbaiki. Sementara sisanya 92 kilometer jalan harus dirampungkan tahun ini.

Artinya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Kendal masih harus menyelesaikan 12 persen pekerjaan jalan. Keterbatasan anggaran menjadi salah satu penghambat perbaikan jalan.

“Kewajiban merampungkan pembangunan jalan rusak itu menjadi tugas panjang dengan anggaran terbatas. Mungkin pekerjaan itu tidak rampung dalam 1 -2 tahun ke depan,” kata Kepala DPUPR Kabupaten Kendal Sugiono.

Plt Sekda Kabupaten Kendal ini menambahkan, masalah lain karena harus terus melakukan perawatan dan memelihara 680 kilometer jalan yang sudah terbangun. Hal itu agar tidak menambah daftar jalan rusak lagi. “Jadi selain memperbaiki juga harus merawat yang sudah bagus. Jangan sampai nanti ikut rusak,” tambahnya.

Baca juga:  Pembacok Dua Pelajar di Kendal Dibekuk

Kewajiban menuntaskan pembangunan jalan daerah harus tetap berjalan seoptimal mungkin. Sebab menjadi salah satu fokus pembangunan Kendal dalam meningkatkan kualitas infrastruktur. Tahun 2022 DPUPR mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak Rp 36 miliar untuk pembangunan jalan daerah.

Selain itu, DPUPR mendapatkan suntikan alokasi APBD untuk program pembangunan jalan 49 paket senilai Rp 100 juta hingga Rp 1,5 miliar per paket.

“Salah satu prioritasnya pembangunan jalan di Kelurahan Bandengan yang terdampak rob. Rencananya bakal ditinggikan dan dibangun 500 meter di titik terparah dengan anggaran Rp 1, 5 miliar,” ujarnya.

Selain Bandengan juga ada pembangunan jalan di beberapa titik lain yang mendesak. Pihaknya berharap bisa mendapat tambahan anggaran dari Banprov Jateng untuk pembangunan jalan rusak di Kabupaten Kendal. “Ya kalau bisa dapat anggaran untuk perbaikan jalan,” tambahnya. (dev/fth)

Baca juga:  Parpol Harus Bisa Kampanye Pakai Masker

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya