alexametrics

Tujuh Kelurahan Langganan Banjir

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KENDAL – Tujuh kelurahan di Kecamatan Kota Kendal menjadi titik langganan banjir. Banjir terjadi akibat meluapnya sungai Kendal ketika intensitas hujan tinggi.

Seperti saat hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kendal sejak Kamis (17/2) malam hingga Jumat (18/2) pagi. Membuat kawasan tersebut banjir. Yakni Kelurahan Patukangan, Pegulon, Balok, Kebondalem, Ngilir, Trompo, dan Bandengan. Area perkampungan di wilayah Kecamatan Kendal tergenang hingga masuk ke dalam rumah warga.

“Genangan air hujan sudah sejak Jumat (18/2) dini hari. Ini tingginya kisaran 20 cm,” aku Salah satu warga Pegulon Karman, yang rumahnya terendam banjir.

Ia menambahkan, wilayahnya sudah menjadi langganan banjir. Ia dan warga sudah tidak kaget dengan kondisi tersebut. Jika debit air Sungai Kendal naik, banjir bisa mencapai satu meter.

Baca juga:  UPGRIS Gelar Pementasan Teatrikal di 12 Sekolah

“Wilayah Pegulon biasanya menjadi wilayah pertama yang terkena banjir. Lantaran kondisi dataran rendah dan sungainya yang lebih tinggi,” ujarnya.

Hal serupa dikatakan Siti Masriah, warga Patukangan. Wilayah Patukangan sering terkena dampak banjir akibat luapan Sungai Kendal. “Saat hujan deras pasti banjir. Dari dulu belum ada solusi juga dari pemerintah,” akunya.

Siti Masriah berharap, pemerintah bisa memberikan solusi. Agar warga sepanjang sungai Kendal tidak terkena banjir ketika hujan deras melanda. Luapan Sungai Kendal ini juga membuat warga kesulitan beraktivitas.

“Jika debit air di bendungan wilayah selatan tinggi, airnya tidak bisa dibuang ke saluran irigasi. Karena sawah di wilayah sana nanti terendam,” tambahnya. (dev/fth)

Baca juga:  Pelaku Pembunuhan Sadis di Kendal Ternyata Masih Kerabat Korban, Sudah Sering Keluar-Masuk RSJ

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya