alexametrics

Punya Fasilitas Modern, Gedung Perpusda Kendal Sedot Anggaran Rp 9,3 M

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Pemkab Kendal akhirnya mempunyai gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) permanen yang dibangun dengan anggaran Rp 9, 3 miliar dari anggaran DAK. Bupati Kendal Dico M. Ganinduto mengklaim, gedung tersebut menjadi gedung perpustakaan termegah di Indonesia.

“Fasilitas di perpustakaan ini akan dilengkapi secara bertahap. Kita komitmen akan menjadi bangunan yang open gate dan terbuka dan akan menjadi ikon serta pemanfaatannya benar-benar maksimal untuk masyarakat Kendal,” kata Bupati Kendal Dico M. Ganinduto saat meresmikan gedung perpusda baru Kabupaten Kendal Kamis (10/2).

Sebelumnya, gedung perpustakaan menempati Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Hal itu membuat masyarakat enggan melirik lantaran tempatnya tidak begitu luas.

Baca juga:  Tracing Aman, PTM di SMPN 2 Kendal Dilanjutkan

Sekarang, sudah memiliki gedung perpustakaan megah, modern dan akan menjadi ikon di Kendal. Selain ruang buku, perpusda dilengkapi ruang komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet dan ruang-ruang lain. “Semua fasilitas sudah terkomputerisasi, jadi masyarakat bisa lebih nyaman,” ujarnya.

Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI Woro Titi Haryanti mengatakan, perpustakaan mempunyai peranan strategis dalam pembangunan sumber daya manusia Indonesia. Karena perpustakaan adalah ruang belajar yang tidak memiliki batasan ruang dan waktu.

Tidak seperti proses belajar di sekolah yang memiliki batasan-batasan. Untuk itu, kondisi perpustakaan harus dibuat sebaik dan senyaman mungkin, dengan kelengkapan sarana dan prasarana bagi masyarakat untuk belajar, berdiskusi, bertukar-pikiran, dan berkegiatan.

Baca juga:  Anggota Dewan dan Pejabat OPD Kendal Diteror

Alhamdulillah Kabupaten Kendal telah berhasil melaksanakan dengan baik pembangunan gedung layanan perpustakaan yang dialokasikan dari anggaran DAK tahun 2021 yang hampir mencapai Rp 10 miliar, dengan prestasi penyerapan 95,01 persen kategori baik,” tambahnya.

Dalam peresmian, dihadiri Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI Woro Titi Haryanti, Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun, Forkopimda, OPD, Kepala Perpustakaan Kendal, dan Pimpinan Bank Jateng Cabang Kendal, serta undangan lainnya.

Dalam acara ini dimeriahkan dengan penampilan pertunjukan seni beladiri dari Perguruan Pencak Silat Setia Hati Terate Desa Jenarsari, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. Adapun ruangan di gedung perpusda baru di Kendal itu meliputi, lobby, ruang audio visual, ruang koleksi buku, ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk kesenian, ruang baca, ruang komputer, ruang terbuka, serta ruang lainnya yang disediakan bagi masyarakat yang memerlukan. (dev/fth)

Baca juga:  Pendidik Keagamaan di Kendal Terima Rp 12,4 M

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya