alexametrics

RSUD dr Soewondo Kendal Waspadai Lonjakan Gelombang Ketiga

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soewondo Kendal menyiapkan Gedung Pinere untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19. Saat ini, ada 19 ruang isolasi pasien Covid-19 di gedung yang berada di bagian timur. Ruang gedung tersebut sudah terisi 7 pasien covid-19. Jika gedung terisi 80 persen, maka akan dilakukan penambahan ruang isolasi di gedung lain.

“Untuk planning ketika ada kenaikan 80 persen atau 100 persen akan dilakukan perluasan ruangan seperti tahun lalu ketika puncak pandemi,” kata Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr Soewondo Kendal dr Mastutik kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ia menambahkan, puncak kenaikan kasus covid-19 diperkirakan terjadi Februari-Maret. Pihaknya menghimbau masyarakat agar tetap menjaga prokes. Adapun yang belum vaksin diharapkan bisa mengecek pelayanan vaksin di masing-masing puskesmas.

Baca juga:  Pecel Soewondo Mudahkan Pasien Rawat Jalan

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, sepekan ini mengalami peningkatan kasus yang cukup tinggi. Dari 26 kasus pada Selasa (1/2) meningkat menjadi 204 kasus per hari ini (9/2). Melihat terjadinya lonjakan kasus covid-19 selama sepekan ini, Pemkab Kendal menyiapkan ruang isolasi pasien di RSUD dr Soewondo dan RSDC Kabupaten Kendal.

“Kita sudah persiapkan di RSUD Soewondo dan RSDC, dan semua rumah sakit di Kabupaten Kendal yang sudah bekerjasama dengan Dinkes untuk bisa memfasilitasi ketika ada lonjakan pasien positif Covid,” tambah Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal Parno.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan semua rumah sakit swasta untuk menyiapkan ruangan isolasi pasien covid. Ada 4 rumah sakit swasta yang bisa menjadi ruangan isolasi bagi pasien covid-19. Yakni RS Charlie, RS Darul Istiqomah, RS Baitul Hikmah, dan Rumah Sakit Islam Kendal. “Semua sudah disiagakan untuk antisipasi ketika ada lonjakan,” tambahnya. (dev/fth)

Baca juga:  Parah, Klaster Lapas Kendal, 110 Warga Binaan dan 8 Sipir Positif Covid-19

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya