alexametrics

Seniman Kendal Mulai Bangkit, Gelar Parade Teater

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Seniman di Kabupaten Kendal mulai bangkit. Setelah dua tahun vakum akibat pandemi covid-19. Kali ini Komunitas Jarak Dekat Kendal menggelar Parade Teater di Balai Kesenian Remaja (BKR). Dengan diramaikan seniman teater dari Semarang dan Batang.

Lima kelompok teater mengikuti parade teater. Diantaranya Teater Atmosfer, Teater Semut, Teater Taksu, Teater Jaten dari Batang, serta Teater Tujuhbelas dari Untag Semarang. Parade digelar selama tiga hari berturut-turut.

“Ini menjadi ruang ekspresi bagi pelaku seni teater di Kendal. Ternyata para seniman dari luar banyak yang berminat untuk mengikuti pementasan,” kata Ketua Komunitas Jarak Dekat Akhmad Sofyan Hadi kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ia menambahkan, parade teater dimulai sejak 2014. Sudah menjadi agenda rutin setiap tahun sebagai ruang silaturahmi dan sharing pengetahuan serta keresahan di dunia teater. “Dua tahun parade teater vakum karena pandemi. Sekarang sudah membaik, jadi parade teater kembali digelar. Ini menjadi semacam obat kerinduan bagi para seniman,” tambahnya.

Baca juga:  Pelan Tapi Pasti, Kendal BMX Mulai Diperhitungkan

Seniman Teater Atmosfer Andi Nugraha Setiaji mengaku, parade teater menjadi ruang ekspresi untuk dirinya dan komunitas teaternya untuk berbenah dari zona nyaman. Selama pandemi pihaknya sama sekali tidak melakukan pementasan. Hanya latihan saja.

“Sudah pernah pentas di Sukorejo, terus di wilayah Kendal kainnya. Gelaran teater ini sangat bagus karena menjadi wadah untuk pelaku teater dalam menampilkan bakatnya,” katanya.

Andi berharap, Pemerintah Kabupaten Kendal juga optimal dalam mengapresiasi pelaku seni di Kendal. Sehingga, bisa dikenal sebagai kota yang berkesenian. (dev/fth)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya