alexametrics

Tiga Tahun Rayakan Imlek Sederhana

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Lima hari menjelang Tahun Baru Imlek 2573, masyarakat Tionghoa di Weleri, Kendal, membersihkan semua fasilitas kelenteng. Ini adalah tahun ketiga mereka akan merayakan tahun baru dengan sederhana. Proses bersih-bersih kali ini dibantu oleh warga sekitar kelenteng.

Saat Jawa Pos Radar Semarang tiba di Kelenteng Tri Dharma Weleri, terlihat warga Tionghoa sedang membersihkan rupang para dewa. Ada juga yang membersihkan altar tempat ibadah, serta tak lupa membersihkan abu sisa pembakaran dupa.

“Sebelum tahun baru semua yang ada di kelenteng ini dibersihkan. Supaya tahun yang akan dilalui nanti banyak berkah dan dihindarkan dari bahaya pagebluk ini,” kata Agus Kurniawan, 51, pelayan ibadah di Kelenteng Tri Dharma Weleri Kamis (27/1).

Baca juga:  Pelaku UMKM Kendal Kebanjiran Pesanan

Agus mengatakan, hingga saat ini ada 100-an warga Tionghoa yang melakukan ibadah di Kelenteng Tri Dharma Weleri. “Untuk sembahyang atau ibadah besarnya dilakukan pada malam tanggal 8 Februari,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Tri Dharma Weleri Riyanto mengatakan, kali ini adalah tahun ketiga masyarakat Tionghoa Weleri merayakan imlek secara sederhana. Tidak ada pertujukan ataupun keramaian seperti tahun-tahun sebelum pandemi.

“Ritualnya tetap sama. Cuma ini nggak ada keramaian pertunjukan barongsai,” tuturnya. (dev/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya