alexametrics

UPGRIS Gelar Pementasan Teatrikal di 12 Sekolah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) menggelar pementasan teatrikal di 12 Sekolah di Lima Kabupaten/Kota di Jateng. Pementasan ini merupakan bentuk ujian akhir dari mata kuliah Drama.

Salah satu sekolah yang ketempatan adalah MAN 1 Kendal dengan drama berjudul Barabah. Sebuah drama bertemakan cinta Barabah kepada Banio di akhir masa tua. Cinta keduanya diuji dengan rasa cemburu saat didatangi oleh dua remaja. Diakhir cerita, kedua remaja adalah putri Banio dari istri pertamanya bersama calon suaminya.

Kepala Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra dari Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) UPGRIS, Eva Ardiana Indrariani mengatakan pentas teater ini merupakan ujian kepada semua mahasiswa yang mengambil mata kuliah drama. Mereka sebelumnya telah dibagi dalam 12 kelompok.

Baca juga:  Bubarkan Tawuran, Amankan Samurai dan Miras

“Jadi ada yang berperan sebagai sutradara, pemeran, make up pemeran, music, kostum, lighting. Jadi mereka betul-betul memerankan sebagai sebuah industri perfilman,” kata Eva Ardiana, kemarin.

Pementasan dilakukan 12 sekolah yang tersebar di lima kabupaten. Yakni Kabupaten Kendal, Demak, Kabupaten Semarang, Kota Semarang dan Kota Salatiga. Guru Bahasa dan Sastra Indonesia MAN 1 Kendal, Siti Aminah mengaku dengan adanya pentas drama UPGRIS ini menjadi inspirasi dirinya untuk menngembangkan ekstra teater MAN 1 Kendal. “Para siswa bisa meniru proses dari segi cerita, sutradara, make up, kostum sehingga bisa totalitas saat  pentas di panggung,” tambahnya. (bud/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya