alexametrics

Kenalkan Anak pada Kesenian Lokal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Anak-anak harus diperkenal dan diajari budaya dan kesenian lokal sejak dini. Sehingga kelak dewasa mereka bisa mempertahankan ciri khas daerahnya.

Seperti dilakukan pemuda di Kampung Ragam Warna, Dusun Mranggen, Desa Kutoharjo, Kecamatan Kaliwungu. Mereka mengajari anak melukis di atas payung. Tujuannya supaya payung kertas lukis yang kental dengan desa tersebut tidak hilang.

Diki Wahyu mengatakan keberadaan lukis payung kertas sudah mulai jarang ditemukan. Makanya, ia berinisiasi membangkitkan kembali ciri khas asli Kaliwungu ini. Yakni dengan mengajak  puluhan warga melukis payung dengan gambar beraneka warna. “Ini upaya kami untuk mempertahankan kearifan lokal agar tidak musnah,” akunya.

Ia mengakui tidak lagi pakem dengan gambar bunga dan burung. Tapi lukis payung kertas ini menjadikan nilai seni payung semakin tinggi. Anak-anak dibebaskan berkreativitas menuangkan goresan cat diatas payung kertas, jadi tidak harus motif bunga dan burung. “Jadi mereka bisa bebas memilih,” ujarnya.

Baca juga:  Tuntaskan 78 Persen Desa Kumuh

Melukis diatas payung kertas membutuhkan keterampilan dan kesabaran serta ketelitian. Sebab, media yang terbuat dari kertas dan tidak datar ini menyulitkan bagi pelukis jika cat yang digunakan tidak cepat kering.

Meski demikian, puluhan anak-anak ini antusias menggambar diatas payung kertas dalam ragam ekspresi anak usia dini. “Bagi anak-anak melukis diatas payung kertas mudah tapi juga sulit karena medianya tidak datar,” tambahnya.

Diki Wahyu mengatakan kegiatan ini mengembangkan kreativitas anak-anak serta ikut melestarikan budaya khas Kaliwungu ini. Harapannya anak-anak mengenal kembali bahwa Kaliwungu khususnya Desa Kutoharjo ada seni lukis payung yang menjadi kebanggaan.

Keindahan seni lukis payung kertas ada pada perpaduan warnanya, pakem gambar atau motif pada payung kertas adalah goresan dua atau tiga warna dalam satu sentuhan. “Ciri khas tersebut tidak hilang dan tetap ada meski saat ini motif dan gambar yang dituangkan mulai beragam,” tambahnya.

Baca juga:  Mitsubishi Jajal Pasar Strada Triton Kendal

Payung-payung kertas yang sudah dilukis ini nantinya akan di pajang di sepanjang jalan kampung ragam warna untuk menambah nilai seni di kampung warna ini. “Nanti payung kertas akan dipamerkan di luar Kendal untuk mengenalkan kembali produk kerajinan unggulan Kaliwungu yang mulai punah. (bud/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya